PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMBUAT PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Hanik Fitrotul Amilia Saiful Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Prihanta PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Kurniasih PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8027

Abstract

Creative thinking skills for elementary school students still cannot be realized optimally. Creative thinking skills must be mastered because they can be useful for students in solving problems in life. Thus, a learning model is needed that can explore the creative thinking potential of elementary school students. This research was conducted to know the level of effectiveness of the Project Based Learning (PjBL) model on poetry writing skills. This research was conducted in two cycles with 2 meetings in each cycle. The subjects of this study were students of Class VA at SDN 2 Junrejo, Batu City, which totaled 20 students. Data was collected through the teacher's observation sheet. The results of this study state that the application of the Project Based Learning (PjBL) model can significantly improve students' creative thinking skills and can encourage students to be more independent, especially in writing pantun literature.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran

dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung:

PT. Refika Aditama

Sugiarto, E. (2016). Pantun dan puisi lama Melayu. Grup Khitah Publishing.

Cemerlang, T. S. (2018). Sastra Indonesia Lengkap.Tanggerang Selatan: Cemerlang.

Desfitria, R., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Materi Ajar Pantun pada Buku Tematik

Kelas V Tema 4. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 13–23.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA

dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education

Action Research, 3(3), 285-291

Dalman, (2014). Keterampilan menulis. Jakata: Rajawali Press.

Arwansyah, Y. B., & Urip Muhayat Wiji Wahyudi. (2019). Peningkatkan Kompetensi Literasi Antiradikalisme Melalui Penulisan Cerita Rakyat dengan

Aplikasi Baboo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77–82

Dewi, H. R., Mayasari, T., & Jeffry, H.

(2017). Peningkatan ketrampilan

berfikir kreatif siswa melalui

penerapan inkuiri terbimbing

berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 3, 20,

–53. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/snpf

Kifta, D. A., Riyanda, A. R., Simatupang, W., Muskhir, M., & Irfan, D. (2021). Analysis of the Effect of Blended Learning Model on Employee Class Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 226-234

Putra, I. N. T., Sutresna, I. B., & Darmayanti, I. A. M. (2019). Pemanfaatan Teknik Kata

Kunci Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X

Mipa 5 Sma N 1 Payangan I. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia Undiksha, 8(2), 235–247.https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20617

Saefudin. A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). AlBidāyah, Vol 4 No. 1, Juni 2012: 37-48.

Suarsana. M.I dan G.A. Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan

Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, Oktober 2013: 264-275.

Nasution, R. A., & Pasaribu, L. H. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Self-Efficacy Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Basicedu, 7(1), 798–806. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4606

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241-251.

Rachmadtullah. 2015. Pembelajaran bermakna akan mengembangkan nalar, kemampuan berpikir, dan konsep diri peserta didik

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida,

I. (2019). Pentingnya Literasi

Matematika dan Berpikir Kritis

Matematis dalam Menghadapi

Abad ke-21. PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 2,

–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/ind

ex.php/prisma/article/view/2930

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta:Prenadamedia Group.

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning:

Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9)

Anggraeni, D. (2016). Meningkatkan Kreativitas Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pernapasan Manusia (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Cangkuang 5 Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Komarudin, D. (2018). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic: Jurnal

Ilmiah Psikologi, 4(1), 278-288.

Yunianto, I. K., Rupa, S. T. S., &

Indonesia, D. V. (2014).

JOGJAFORCE, Niteni, Nirokne,

Nambahi Sebagai Proses

Berpikir Kreatif. Kreatif: Jurnal

Desain …, 121–133.

https://www.academia.edu/downl

oad/63231876/JOGJAFORCE._

Niteni__Nirokne__Nambahi_Seb

agai_Proses_Berpikir_Kreatif202

-4681-45y97g.pdf

Yuniarti, Y. (2021). Project Based

Learning sebagai Model

Pembelajaran Teks Anekdot

Pada Siswa SMA. Jurnal

Pendidikan Bahasa Indonesia,

–81.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.p

hp/jpbsi/article/view/17795%0Aht

tp://jurnal.unissula.ac.id/index.ph

p/jpbsi/article/viewFile/17795/634

Siwa, I. B., I. W.

Muderawan, & I. N. Tika.

(2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia

terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. eJournal Program Pascasarjana

Universitas Pendidikan Ganesha, Volume

Indrawan, E., & Jalinus, N. (2019). Review project based learning. International Journal of Science and

Research (IJSR), 8(4), 1014-1018.

Batubara, H. S.,dkk . (2022). Implementasi Model

Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.

Riyanda, A. R., Jalinus, N., Abdullah, R., Ranuharja, F., Islami, S., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2022).

The New Paradigm of Technical and Vocational Education and Training (TVET). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 364-371.

Downloads

Published

2023-05-28