PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI IDE POKOK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS 4 SDN JUNREJO 2 BATU

Authors

  • Dhara Sasmita Mahasiswa
  • Wahyu Prihanta PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fita Safitri SDN Junrejo 2 Batu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7558

Abstract

Penelitian ini tujuannya guna tingkatkan hasil belajar siswa dalam materi ide pokok lewat model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini yakni tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas 4 SDN Junrejo 2 Batu. Teknik penghimpunan data memakai metode observasi, wawancara, dan tes. Data yang diperolah kemudian di analisis. Hasil penelitian yakni : (a) pengimplementasian model Problem Based Learning (PBL) pada materi ide pokok dapat tingkatkan hasil belajar siswa sebesar 35%, (b) hasil belajar siswa yang tuntas di siklus I yaitu ada12 siswa (60%) dan siswa yang belum tuntas ada 8 siswa (40%), (c) hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas ada 17 siswa (85%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak (15%), (d) Pengimplementasian model PBL bisa tingkatkan hasil belajar siswa sebesar 35%. Maka simpulannya pengimplementasian model PBL bisa tingkatkan hasil belajar siswa pada materi ide pokok Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kelas 4

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, N. P. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANTAS. Global Science Education Journal, 3(1), 25–30.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18.

Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model CIRC berbantuan media cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2).

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Farhana, Husna. Awiria. & Muttaqien, N. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27–35.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–12.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Manalu, R. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGEMBANGKAN IDE-IDE POKOK MENJADI CERPEN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VI SM. GANJIL SDN. 173480 MARTONABALA TP 2020/2021.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.

Seso, Y. M., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 74–80.

Setiyadi, D., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2018). The Problem Based Learning Model with Etnomatematics Nuance by Using Traditional Games to Improve Problem Solving Ability. Journal of Primary Education, 7(2), 176–186.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99–108.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294–2304.

Utami, M. T. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.

Zai, E., Anzelina, D., & Sinaga, R. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 344–349.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)