PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PKN MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI MODEL PBL PADA KELAS IV SDN JUNREJO 2 TAHUN 2022/2023

Indonesia

Authors

  • Putri Meita Dewi Putri Meita Dewi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Prihanta Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fita Safitri SDN Junrejo 2

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7630

Keywords:

Kata Kunci: hasil belajar PKn, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN Junrejo 2 Batu pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan metode PBL. Penelitian berlangsung selama periode satu bulan mulai dari bulan Oktober 2022 hingga bulan November 2022. Dalam penelitian ini, subjek yang diteliti adalah proses dan hasil belajar PKn pada 19 peserta didik kelas IV SDN Junrejo 2 Batu pada semester I tahun pelajaran 2022/2023. Kelas tersebut terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses belajar akan dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif, dengan melakukan perbandingan antara siklus I dan siklus II. Sementara itu, data kuantitatif dalam bentuk angka dari hasil belajar siswa akan dianalisis menggunakan metode deskriftif komparatif, yang mana akan membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes pada siklus I, dan nilai tes pada siklus II, kemudian akan direfleksikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode PBL dapat meningkatkan prestasi hasil belajar PKn pada siswa Kelas IV SD Negeri Junrejo 2 Batu Semester I tahun pelajaran 2022/2023. Terjadi peningkatan pada proses pembelajaran PKn mengenai materi Proses Perumusan Pancasila dari siklus I ke siklus II, yang tercermin dalam hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas dari 8 peserta didik (72,7%) pada siklus I menjadi 11 peserta didik (100%) pada siklus II, dengan kenaikan sebanyak 3 peserta didik (27,3%). Selain itu, nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 77,8 pada siklus I menjadi 83,5 pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 5,7. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Journal of Education Action Research Volume 5, Number 2

Dewi, T (2019) Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan problem based learning siswa kelas 2 SD. Jurnal riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan | Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 234-242

Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai Halaman 1619-1633 Volume 4 Nomor 2

Hardiyanti. 2017. Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 1862-1671.

Kuntari, S., Setiawan, R., & Lindawati, Y. I. (2021). Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 212–220. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5467

MaiFitri, A., Reinita, & Arwin. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.377

Malinda, Z. A., Murtono, M., & Zuliana, E. (2017). Problem Based Learning Berbantuan Lego Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1790

Meilinawati. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar SD Santo Bellarminus Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol.2.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014

Nurhasanah, A. E., Nafiah, Akhwani, & Ghufron, S. (2020). Meta-analysis of the effect of scramble type cooperative learning model on student s ’ learning outcomes at elementary meta analisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe P. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 607–615.

Nurromah, dkk (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK KELAS IV SDN KENTUNGAN. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol 2. No 3.

Putra, Agastya. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Ceramah Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , FIS Undiksa. Singaraja.

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–32.

Robiyanto, S (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal. 114-121

Santosa, & Oktavianti, I. (2015). Peningkatan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD 3 Jekulo Kudus Melalui Model Problem Based Learning. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 248–253. https://doi.org/10.24176/re.v5i1.450

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.

Siti Asrifah, A. A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. Jurnal Buana Pendidikan , 183-193.

Solichah, M., Akhwani, Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020). Meta-analisis pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51–59.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika

Suwarni, N W 2019. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 3

Tia Alfianiawati, D. N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELS V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD , 1-10.

Wijayama B (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VI Jurnal Kependidikan Dasar Volume 10

Yunitasari, Indha; HARDINI, Agustina Tyas Asri. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2021, 5.4: 1700-1708.

Zuhri, S (2023) Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melauli Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan Hal. 18-26

Downloads

Published

2023-07-02

Most read articles by the same author(s)