PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN JUNREJO 2 BATU MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DAN BUDDHA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Desia Fajira Ramadhani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Prihanta SDN Junrejo 2 Batu
  • Dwi Kurniasih SDN Junrejo 2 Batu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7462

Keywords:

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK Materi peninggalan keraajaan Hindu dan Buddha adalah salah satu materi IPAS kelas 4 yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.  Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDN Junrejo 2 Batu pada materi peninggalan Kerajaan Hindu Buddha menggunakan model Problem Based Learning. Dalam pembelajaran juga menggunakan media pembelajaran digital berupa power point dan video.  Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan Teknik tes (tertulis terhadap materi peninggalan Kerajaan Hindu dan Buddha). Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDN Junrejo 2 Batu sebesar 25% dari Siklus I (65%) ke Silus II (90%) Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media pembelajaran, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6963–6972.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183–193.

Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).

Hadinata, R. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Hikmah Dan Manfaat Syajaah Di Kelas Xi Ips 1 Sman 2 Kuala Kapuas. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).

Haryati, S., & SD, S. P. (2022). Buku Dalam Bidang Pendidikan PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Cahya Ghani Recovery.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.

HS, E. F. H. S., Khaedar, M., & Asriati, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Borong Jambu Ii Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 59–69.

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63.

Ikrom, F. D. (2022). Metode Latihan (Drill) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perjuangan Para Tokoh Daerah Dalam Melawan Penjajah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Ptk Di Kelas V Sdn Panancangan I Kota Serang). Pelita Calistung, 3(02), 55–69.

Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19:-. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).

Mira, M., & Putri, A. S. (2022). Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 41–44.

Novelita, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1538–1550.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62–71.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99–108.

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.

Tahajudin, D., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Montor 1 Kab. Pandeglang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 9(2).

Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDI Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 1(4), 239–245.

Downloads

Published

2023-05-20