PENGEMBANGAN MEDIA QUIZ AND RIDDLE INTERAKTIF MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7166Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi memberikan pengaruh terhadap kemajuan di dunia pemndidikan. Berbagai alternatif bantuan dalam menunjang pelaksanaan pembelajaranpun muncul salah satunya media pembeljaran yang bersifat interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yaitu QURI (quiz and riddle) interaktif yang menarik serta efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 09 yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media QURI layak digunakan dengan presentase rata-rata 94% dengan kategori sangat baik dan media QURI juga dinyatakan cukup efektif melalui uji efektivitas N-Gain dengan presentase rata-rata 60,4%. Maka penelitian ini menghasilkan media interaktif yang layak serta efektif dalam mengoptimalkan pembelajaran IPA khususnya materi pennggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Media Interaktif; Media Pembelajaran; Perkembangan TeknologiDownloads
References
Adnan, Jafar Muhammad Idris, Irfan, M., & Musdalifah. (2022). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2).
Awang, S. I. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 143–155.
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9.
Hatuti, E. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal PGSD, 12(1), 55–62.
Novita, L., Sutisna, E., & Rabbani, K. R. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Lingkungan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 293.
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Nurfaizah, A., & Said, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 375.
Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi the Development of Interactive Multimedia on Simple Airplanes Material for Student. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2, 2(2), 168–175.
Putri, G. F., Yasbiati, & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh Media Pop-Up Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 174–183.
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038.
Roisuttaqillah, M. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kartu Uno Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya kelas V SDN Badean 03 Bangsalsari Jember. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Taonah. (2016). Pengunaan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 3 Purwojati Semester I Tahun Peajaran 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 36–44.
Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.