STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP SPEAKING SKILL PESERTA DIDIK SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Dwi Hartati Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Imaningtyas Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25210

Keywords:

artificial Intelligence (AI), speaking skills, primary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan AI terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar dengan menggunakan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengumpulkan dan mengamati jurnal dan e-book yang dapat menjadi sumber yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian studi pustaka menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Kecerdasan Buatan dapat memberikan umpan balik yang dipersonalisasi dalam pembelajaran berbicara. Beberapa produk berbasis AI dapat mendukung pembelajaran keterampilan berbicara siswa sekolah dasar, seperti Duolingo, ELSA, Aplikasi ELAi, Asisten Virtual Lyra, Asisten Google, Lingokids, dan konten berbasis AI. Namun, Kecerdasan Buatan memiliki efek atau potensi negatif, seperti berkurangnya keterampilan sosial dan emosional siswa dalam berkomunikasi, ketergantungan pada teknologi yang menyebabkan siswa menjadi pembelajar pasif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan dalam keterampilan berbicara siswa sekolah dasar dapat disebut sebagai pisau bermata dua. Di satu sisi, AI memberikan kontribusi positif dan dapat memudahkan siswa atau guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan adanya bimbingan atau kontrol dalam penggunaan AI dari guru, orang tua, atau pelatih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, D. N., Adytas, M. T., Dahlan, U. A., & Sewon, S. M. K. N. (2019). Pendekatan Interaktif Guna Meningkatkan Speaking Skill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 846–851.

Apipudin, & Saputra, E. R. (2023). Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 19(1), 53–62.

Aryanti, R. D., & Santosa, M. H. (2024). A systematic review on artificial intelligence applications for enhancing EFL students’ pronunciation skills. The Art of Teaching English as a Foreign Language (TATEFL), 5(1), 102–113. https://doi.org/10.36663/tatefl.v5i1.718

Axatovna, S. S. (2022). Importance of learning a Foreign Language. International Journal of Social Sciences & Interdisciplinary Research, 11(1), 66–69.

Batubara, M. D., Husain, B., & Makatika, G. (2022). The Correlation between EFL Students’ Self-Confidence and English Speaking Anxiety of Pasifik Morotai University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2401–2410. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1475

Budiarti, E., & Sakti, U. P. (2024). IMPROVING CHILDREN ’ S ENGLISH SKILLS BY USING LINGOKIDS APP. March.

Cesare Ardaya, A., Annisa Rahmadani, S., & Alfarisy, F. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481

Dávila Macías, A. M., Armijos Solano, D. O., Palma Perero, L. M., Roca Panimboza, J. A., & Lucas Soledispa, C. J. (2024). The Potential of Artificial Intelligence to Improve Speaking Skills in a Second Language (English) Fluently. Ciencia Latina Revista Científica Multidisciplinar, 8(3), 3826–3836. https://doi.org/10.37811/cl_rcm.v8i3.11592

Fauziyah, S. H., & Hernawan, A. H. (2024). 3575 Problematika Keterampilan Berbicara Dan Komunikasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 3575–3589.

Ghareeb Ahmed Ali, S. (2020). Using an Artificial Intelligence Application for Developing Primary School Pupils’ Oral Language Skills. Hurghada Faculty of Education: South Valley University. (75), 67-110 https://doi.org/10.21608/edusohag.2020.97643

Hotmaria. (n.d.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Retrieved March 24, 2025, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31558/17548

Juniansyah, D., Kurniawan, F., & Syarifuddin, S. (2024). Pengaruh Implementasi Game Duolingo terhadap Kemampuan Linguistik pada Siswa. Journal on Education, 6(4), 21153–21161. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6266

Kamza, M., & Yusrizal, M. (2024). Disrupsi Dunia Pendidikan di Era Artificial Intelligence. Aceh: PT. Metrum Karya Mandiri.

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220

Nissrina, F. (2021). 25-32 Improving Students Speaking Skill By Watching Youtube. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa Unis, 1(1), 25–32.

Patty, J. (2024). THE USE OF AI IN LANGUAGE LEARNING: WHAT YOU NEED TO KNOW. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 642–654.

Pratiwi, D., Raharjo, B. T., & Aulia, M. R. P. I. S. (2025). PEMANFAATAN AI-BASED PUZZLE MAKER UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. 2(3), 315–322.

Puspitasari, A. D. (2023). Pengembangan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar melalui metode diskusi kelompok. 4(2).

Rajendran, T., & Md. Yunus, M. (2021). Chatterpix kids: A potential mobile app for helping primary ESL pupils improve their speaking fluency. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(4), 18–42. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.4.2

Saraswati, L., Sukartiningsih, W., & Subrata, H. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Penggunaan Media Visual Berbasis AI dalam Keterampilan Berbicara. Journal of Education Research, 5(3), 3544–3556. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1164

Sinaga et al. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH : TINJAUAN LITERATUR. 13, 528–542.

Sisca Amelia. Otib Satibi. (2024). FAKTOR INTERNAL PENDUKUNG KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV: STUDI KUALITATIF DI SDN PONDOK KELAPA 05 JAKARTA. 09(September).

Siti, S., & Ain, Q. (2024). Faktor-Faktor Determinan dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. 13(3), 4067–4076.

Srinivas Parupalli. (2019). The importance of speaking skills in English classrooms. Alford Council of International English & Literature Journal(ACIELJ), 2(2), 9.

Suciati, S., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Arifani, Y. (2023). Artificial Intelligence Application dalam Pembelajaran Speaking: Persepsi dan Solusi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1111–1115. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Syuhada, S. A., Siregar, D., Jumardi, A., Nabbil, S., Al Ayubi, Z. S., Prasetyo, D., Tauri, D. S., Firdaus, B., & Albaras, M. R. (2024). Dampak AI Pada Proses Belajar Mengajar Di Era Digital. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–24.

Talluri, S. (2023). Communication Skills : A Core Competency for Elementary Students. 6, 641–645.

Downloads

Published

2025-06-06