PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INFERENSIAL SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Asilah Muthi'ah Erwandi Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami
  • Imaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27019

Keywords:

Kemampuan Membaca, Membaca Inferensial, Strategi DRTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca inferensial siswa kelas IV di SDN Semanan 05 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, yakni Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 58 peserta didik yang dibagi dalam dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berbentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan nilai pretest, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa strategi DRTA memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca inferensial siswa. Hasil ini juga diperkuat oleh fakta bahwa siswa dalam kelompok eksperimen lebih aktif dan mampu memahami bacaan secara mandiri. Oleh karena itu, strategi DRTA dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca inferensial di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agao-Agao, A. M. A. (2023).

Effectiveness of DRTA Strategy in Improving the Reading Skills. Randwick International of Education and Linguistics

Science Journal, 4(1), 96–102. https://doi.org/10.47175/rielsj.v4i 1.635

Almadiliana, Hadi Saputra, H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65.

https://jurnal.educ3.org/index.php

Ambarita, Rahel Sonia Wulan, Neng Sri Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 2336–2344.

Astuti, W., Darmuki, A., & Setiawaty,

R. (2025). PENERAPAN MODEL CIRCBERBANTUAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA

KELAS IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 111–119.

https://journal.unpas.ac.id/index. php/pendas/article/view/23829/1 1770

Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of

Elementary School Students]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54.

https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6 567

Harmaen, D. et al. (2023).

PENGARUH

STRATEGIDIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWAKELASIVSD. Didaktik :

Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 4098–

4108.

Ismail, I. (2019). Converting a Story from Students’ Own Language in English to Increase Speaking Ability. 1(2018), 5–18.

Jabri, U., & Nadhira, N. (2020).

Enhancing Student Reading Skill through Strategy of Directed.

MAJESTY MASPUL JOURNAL OF ENGLISH STUDIES, 2(2), 18–24.

Karakaita Putri, P. N. A., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2. 17762

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020).

Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32.

https://doi.org/10.24176/kredo.v4 i1.3535

Kua, M. Y., Susanto, E., Imaningtyas, Sya’ban, M. F., Nurdin, Sardin, Hanifah, & Zega, Y. (2023).

Strategi Belajar Mengajar dari Teori Hingga Aplikasi (Issue June 2023). Edupedia Publisher. https://www.researchgate.net/pu blication/378898974_STRATEGI

_BELAJAR_MENGAJAR_DARI_ TEORI_HINGGA_APLIKASI

Kurniaman, O., Noviana, E., & Zufriady, Z. (2021). Developing DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Strategy Teaching Materials for Elementary School Students in Improving Reading Prediction Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 261–272. https://doi.org/10.35445/alishlah. v13i1.350

Lathifah, V. A., & Fradana, A. N. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF VOKAL PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH MELALUI MEDIA BIGBOOK DI SD MUHAMMADIYAH 1

KREMBUNG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 1388–1404.

Lestari, D. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity Siswa Kelas IV SD N Gadingan Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(7), 2845–2854.

Lutfiana, Eka; Mudzanatun; Priyanto,

W. (2017). PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DI SDN MRANGGEN 2. 112–141.

Manalu, D., Susanti Faipri Selegi, & Puji Ayurachmawati. (2023).

Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta)

Terhadap Pemahaman Membaca Cerpen Pada Kelas Iv Sd. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 11–24.

https://doi.org/10.24929/alpen.v7i 1.173

McNamara, D. S., Ozuru, Y., & Floyd,

R. G. (2011). Comprehension challenges in the fourth grade: The roles of text cohesion, text genre, and readers’ prior knowledge. International Electronic Journal of Elementary Education, 4(1), 229–257.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024).

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559.

https://doi.org/10.47709/educend ikia.v3i03.3429

Munaf, G. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Pada Taksonomi Barret Menggunakan Model Pembelajaran Small Group Discussion pada Siswa

…. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://osf.io/mnc8b/download

Musdalifah. (2019). The Comparison of Mind Mapping and Semantic Mapping to Enhance the Reading Comprehension.

Majesty, 2, 1–9. https://doi.org/10.33487/majesty. v1i2.117

Nerim, N. (2020). Scrutinizing Directed Reading Thinking Activity (Drta) Strategy on Students’ Reading Comprehension. Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 128. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.

2284

Nugraha, F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PGSD UNIGA, 2(2).

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v2i 2.3121

Nuryani, Utami, N. C. M., & Nurhasanah, N. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). 12, 1296–

1303.

Suico, H. M. A. E. B. (2022).

Effectiveness of Directed Reading Thinking Materials ( DRTM ) On the Comprehension Skills of The Multigrade Pupils. INTERNATIONAL JOURNAL OF ADVANCED MULTIDISCIPLINARY STUDIES, II(6), 160–169.

https://www.ijams-bbp.net/wp- content/uploads/2022/07/1- IJAMS-JUNE-ISSUE-160-

169.pdf

Wahyudi; Sayidiman; Halik, F. (2024).

Penerapan Strategi Direted Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 536–540.

Downloads

Published

2025-06-13

Most read articles by the same author(s)