PENGAMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7157Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar digital berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V di sekolah dasar, mengetahui kelayakan dan keefektifan media buku cerita bergambar digital. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan angket. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa. Selanjutnya dilakukan uji coba one to one, small group dan field test. Kemudian uji keefektifan dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest dengan uji N-Gain. Selain perhitungan nilai pretest dan posttest dengan N-Gain mendapat presentase sebesar 76.83% dengan kategori efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar digital berbasis literasi sains yang telah dikembangkan dapat dikategorikan baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi siklus air kelas V SD.Downloads
References
Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Medasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA Prosiding Seminar Pendidikan Naia Buku Digital berbsional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 195–206.
Dharma, I. A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013. 2(1), 53–63.
Farindhani, D. A., & Wangid, M. N. (2019). Scientific-based pictorial storybook with project-based learning method for improving the critical thinking skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 94–105. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.8807
Kao, G. Y.-M., Tsai, C.-C., & Liu, C.-Y. (n.d.). The effects of high/low interactive electronic storybooks on elementary school students’ reading motivation, story comprehension and chromatics concepts. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360131516301026
Mahmud, A. A. I., & Prasetyo, J. D. (n.d.). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA SD. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2.
Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak Pengantar Dunia Anak. Gadjah Mada University Press 2016.
Rudy Irwansyah, Satya Darmayani, Mastikawati, Agung Nugroho Catur Saputro, Liana Vivin Wihartanti, Ahmad Fauzi, Opan Arifudin, I Putu Yoga Purandina, Ella Dewi Latifah, Tentri Septiyani, Rintis Rizkia Pangestika, Fatayah, Pratika Ayuningtyas, Vinsensius C, R. H. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Widina Bhakti Persada. https://www.coursehero.com/file/116458693/perkembangan-peserta-pdf/
Snow, C. E., & Dibner, K. A. (2016). Science Literacy (C. E. Snow & K. A. Dibner (eds.)). National Academies Press. https://doi.org/10.17226/23595
Susilaningrum, E. S., & Wangid, M. N. (2019). The Impact of The Use of Reflective Picture Storybook Media on Improving Democratic Character among Fifth-Graders. 326(Iccie 2018), 171–177. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.31
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157
Uslan, U., Syahril, A., Muhsam, J., Aiman, U., Meilani, D., & Muhammad, R. (2020). Science literacy empowerment for elementary school students at Kera Island Kupang Regency-East Nusa Tenggara. 1(2), 86–92.
Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107
Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, S., Sari, D. A. P., Inzanah, I., &, & Setiawan, B. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 248-256. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.