IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MERDEKA MENURUT KAJIAN FILSAFAT PROGRESIVISME

Authors

  • Wiwit Sanjaya Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6909

Abstract

Mengembangkan kurikulum merdeka siswa lebih mandiri dalam pembelajaran karena menekankan pada keterampilan membaca, berhitung dan berkarakter. Literasi tidak hanya mengukur kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis apa yang dibaca dan memahami konsep. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk nilai-nilai sosial dan kebangsaan peserta didik. Diharapkan setiap peserta didik dapat mengikuti nilai-nilai karakter positif masyarakat dan menjadi pribadi atau warga negara yang memiliki nilai religius, nasionalisme yang tinggi, produktif dan juga kreatif. Aliran progresivisme adalah aliran filsafat pendidikan yang mengubah proses pendidikan, dimana menentang pembelajaran tradisional atau monoton yang masih berpusat pada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman Faiz, I. K. (2019). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. 1(2), 88–93.

Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal SNPE FKIP Universitas MuhammadiyahMetro, 1(1), 67–72.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Samho, B., & yasunari, O. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tantangan-Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa ini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Siti Khomairroh1, Muhammad Nurwahidin2, S. (2022). 贺斌 ,胡茂川 1 2, 3 * 1. 31(4), 771–776.

Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. (n.d.). Amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Ditjen PAUD Dan Dikmas Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Semarang, 1–49. http://disdik.lomboktengahkab.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Pelibatan-Keluarga-dan-Masyarakat-di-Satdik-Dr.Sukiman-M.Pd-.pdf

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>