Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Inovasi di Madrasah
abstrak, pendahuluan, metode penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan , kesimpulan, daftar pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35149Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Berbasis inovasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis inovasi di madrasah sebagai upaya menjawab tantangan era modern dan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Pengembangan kurikulum PAI yang inovatif diperlukan agar proses pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga mampu membentuk karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis dokumen kurikulum PAI pada madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis inovasi di madrasah dapat dilakukan melalui integrasi teknologi pembelajaran, penerapan pendekatan student-centered learning, serta penguatan nilai-nilai spiritual dan sosial dalam setiap komponen kurikulum. Selain itu, keterlibatan guru sebagai pengembang kurikulum dan dukungan kebijakan lembaga menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum yang inovatif. Dengan demikian, pengembangan kurikulum PAI berbasis inovasi di madrasah diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, relevan, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.
Downloads
References
Acep, N. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Mdrasah dalam Menghadapi Era Milenial. 4(2), 711–731. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/download/4332/2413
Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). KonseAhmad Dhomiri, Junedi Junedi, and Mukh Nursikin. “Konsep Dasar Dan Peranan Serta Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3, no. 1 (2023): 118–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972.p Dasar . Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128.
Ambiani, J., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2025). Strategi Inovatif Kurikulum PAI: Dari Difusi Hingga Implementasi Berbasis Teknologi Dan Kolaborasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1099–1109. https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/539
Ashari, N. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(2), 153–167. https://doi.org/10.37252/annur.v13i2.104
Aulia Gusli, R., Iswantir M, Muaddyl Akhyar, & Kurnia Mira Lestari. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16401
Dawolo, S. R., Tanjung, Y. F., Gea, Y., & Farabi, M. Al. (2025). Meningkatkan Mutu Madrasah melalui Inovasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran. 8, 1836–1841.
Dirgahayu, W., Budiman, B., Islam, U., Sumatera, N., & Indonesia, U. (2025). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Inovasi kurikulum pendidikan agama Islam adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dalam menjawab tantangan zaman . Dengan mencerminkan adaptasi terhadap konteks sosial , politik.
Ependi, A., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi. (2024). Studi tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah dan Madrasah. Re-JIEM, 7(2), 1–23.
Hasmiza, H. (2025). Model Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Digital: Mengoptimalkan Teknologi Untuk Pembelajaran Yang Inovatif. Research and Development Journal of Education, 11(1), 164. https://doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28068
Husain, A. M. (2025). Inovasi Kurikulum di Madrasah: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Abad 21. AT-TAKILLAH: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 34–42.
Indah Nur Bella Sari, A. P., & Jatmiko, A. K. (2024). Desain Kurikulum PAI Berbasis Karakter : Integrasi. Journal of Education Research, 0738(4), 6597–6604.
M.Fauzan, W. A., & Rahmadhani, R. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Menuju Pendidikan yang Holistik dan Relevan dengan Tuntutan Zaman. 4.
Mutchith, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Kurikulum_Pendidikan_Agama/uaOnEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+kurikulum+pai&printsec=frontcover
Novriantoni, F., & Dewi, D. E. C. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum PAI Pada MI dalam Menghadapi Era Milenial. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8415–8428. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8834
Nurul Qomariyah , Kamilatin Azizah , M. Zulkiflih , Serly Hikmatus Sa’adah, M. (2025). PAI dalam dinamika kurikulum Nasional (mahfida inayati (ed.)).
Pahrudin, A., & Wekke, I. S. (2021). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Vol. 17).
Pramita, S., & , Saifundi, Siti Halimah, M. R. (2025). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. TASQIF, 8(4), 4426–4434. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7760
Rifka Alkhilyatul Ma’rifat, I Made Suraharta, I. I. J. (2025). Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam (Vol. 2).
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234
Zakiyyah, I. (2024). Manajemen Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Agama. https://books.google.co.id/books?id=348gEQAAQBAJ&lpg=PR1&ots=4_aKGbpe3S&dq=Sebagian besar pendekatan pembelajarannya berfokus pada tradisi menghapal narasi dan teks-teks%2C sehingga mereka seakan kehilangan konteksnya dengan realitas sosial yang terus ber
Zulkifli, A. P., Jatmiko, A., & Koderi. (2024). Konsep dan Teori Kurikulum PAI di Sekolah dan Madrasah. 5(4), 1954–1969
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















