IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Wahyu Nugraeni Pendidikan Dasar Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Ngabiyanto Pendidikan Dasar Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Wadiyo Wadiyo Pendidikan Dasar Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Pendidikan Dasar Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Implementation, Character, Pancasila Students

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa sejak dini. Pendidikan Pancasila di sekolah dasar memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Pancasila dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber akademik yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat dikembangkan melalui pendekatan kontekstual, pembelajaran berbasis nilai, serta keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter di sekolah dasar antara lain kurangnya kesiapan guru, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya dukungan dari lingkungan sosial siswa. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan bahwa Pendidikan Pancasila memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas, berempati, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar.a. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan bahwa Pendidikan Pancasila memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas, berempati, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2020). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Nucci, L. (2008). Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge.

Suyatno, et al. (2019). "Implementasi Model Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 45-60.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>