IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL (PSE) DALAM DOMAIN PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK
-
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20697Keywords:
PSE, Educational Domain, Student MotivationAbstract
Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) telah menjadi elemen penting dalam pendidikan, karena dengan adanya keterampilan sosial dan emosional merupakan kunci pokok bagi kesuksesan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan PSE dalam domain pendidikan khususnya motivasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber dari buku, jurnal yang tercantum di Google Scholar dan Sciencedirect yang diterbitkan dari tahun 2021 sampai dengan 2024. Didapat total artikel sebanyak 443.868. Berdasarkan panduan PRISMA 2021 terdapat 14 artikel dipertimbangkan untuk tinjauan mendalam. Limitasi pada kajian yang dipilih terhadap penelitian yang menerbitkan jurnal peer reviewed menunjukkan bahwa implementasi PSE memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi peserta didik, yang terlihat dalam peningkatan keterlibatan akademis, keterampilan sosial, dan kesejahteraan psikologis. Implementasi PSE juga berkorelasi dengan peningkatan prestasi sekolah. Namun, terdapat tantangan dalam implementasi PSE, termasuk minimnya sumber daya dan kebutuhan akan pelatihan guru yang lebih intens. Jadi dapat disimpulkan bahwa PSE merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan motivasi peserta didik dan perlu diintegrasikan secara lebih luas dalam sistem pendidikan Indonesia.Downloads
References
Anwar, R., & Rahma, S. (2024). Dampak Pembelajaran Sosial Emosional terhadap Kesejahteraan Psikologis dan Kinerja Akademik Siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(2), 78-95.
Bell, C., Bierstedt, L., Hu, T. (Amber), Ogren, M., Reider, L. B., & LoBue, V. (2024). Learning through language: The importance of emotion and mental state language for children’s social and emotional learning. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 4, 100061. https://doi.org/10.1016/J.SEL.2024.100061
CASEL. (2022). What is SEL?. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning. Diakses dari https://casel.org/what-is-sel/
Dewi, A., Santoso, B., & Pramono, T. (2022). Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat dalam Implementasi PSE: Studi Kasus di Kota Malang. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(3), 210-228.
Do, T. T., & Giang, T. V. (2024). Mindfulness-based social-emotional learning program: Strengths and limitations in Vietnamese school-based mindfulness practice. Heliyon, 10(12), e32977. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2024.E32977
Drew, A. L., Rhoades, K. A., Eddy, J. M., Smith Slep, A. M., Kim, T. E., & Currie, C. (2024). What do parents know about social-emotional learning in their children’s schools? Gaps and opportunities for strengthening intervention impact. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 4, 100065. https://doi.org/10.1016/J.SEL.2024.100065
Durlak, J. A., Weissberg, R. P., & Pachan, M. (2021). The impact of enhancing students' social and emotional learning: A meta-analysis of school-based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432.
Fatmawati, F. (2021). Efektivitas model permainan kartu indeks (index card match) terhadap hasil pembelajaran perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Harits. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 27-39.
Gunawan, A. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Sosial Emosional: Tantangan dan Peluang. Jurnal Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-60.
Gunawan, A., & Pratiwi, Y. (2024). Menuju Evaluasi Holistik: Pengembangan Alat Ukur Komprehensif untuk Pembelajaran Sosial Emosional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 112-130.
Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-240.
Haryanto, S. (2023). Pengaruh Program PSE terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 112-128.
Hermawan, D., Sulistyo, A., & Wulandari, R. (2024). Analisis Konsistensi Implementasi PSE di Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45-62.
Hidayat, R. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 178-195.
Jiang, Y., Zhang, L., & Chen, C. (2024). Latent profiles of Chinese students’ social-emotional learning competencies and their associations with academic motivation and achievement. Learning and Individual Differences, 116, 102580. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102580
Karta, I. W., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2022). Pembelajaran menggunakan sastra tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok b di tk kreativa. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(1), 1-7.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Laporan Survei Implementasi PSE di Sekolah-sekolah Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Miller-Graff, L., Maloney, C., Beauvil, L. J., & Feuille, M. O. (2024). The effectiveness of a contextually grounded social emotional learning program in Haiti: A pilot cluster randomized control trial. Journal of School Psychology, 106, 101349. https://doi.org/10.1016/J.JSP.2024.101349
Muzzamil, F. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02).
New York State Education Department (NYSED). (2018). Social Emotional Learning: Essential for Learning, Essential for Life.
Nugraha, B. (2024). Pengembangan Program Pelatihan Guru Komprehensif untuk Implementasi PSE. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 14(2), 89-106.
Nugroho, A., Widodo, S., & Pratiwi, R. (2023). Perkembangan Implementasi PSE di Sekolah-sekolah Indonesia: Sebuah Studi Nasional. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), 234-250.
Nurhayati, E. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Kunci Pengembangan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 45-60.
Nurhayati, E. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Kunci Pengembangan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 45-60.
Paik, J. H., Duh, S., Rodriguez, R., Sung, W. K., Ha, J. Y., Wilken, L., & Lee, J. T. (2024). A global community-based approach to supporting social and emotional learning. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 4, 100063. https://doi.org/10.1016/J.SEL.2024.100063
Pratama, R. (2022). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik: Sebuah Meta-analisis. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(1), 15-30.
Pratama, R. (2022). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik: Sebuah Meta-analisis. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(1), 15-30.
Pratomo, D., Sari, E., & Wijaya, F. (2023). Korelasi antara Implementasi PSE dan Motivasi Intrinsik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 178-195.
Prihantoro, L. (2023). Program "Sahabat PSE": Studi Kasus Implementasi PSE di SMA Negeri 1 Surabaya. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(4), 320-335.
Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117-126.
Rahmawati, D. (2024). Efektivitas Pelatihan PSE bagi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 13(1), 67-82.
Safitri, D. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 10(2), 156-172.
Shankland, R., Haag, P., Tessier, D., Buchs, C., El-Jor, C., & Mazza, S. (2024). Review of the effects of social and emotional learning on mental health and academic outcomes: The role of teacher training and supportive interactions. Journal of Epidemiology and Population Health, 72(3), 202750. https://doi.org/10.1016/J.JEPH.2024.202750
Suharto, S., & Pratiwi, Y. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis PSE: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 267-284.
Sulistyowati, E. (2022). Analisis Resistensi terhadap Implementasi PSE di Sekolah-sekolah Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(3), 212-228.
Sumayya Saleem, Samantha Burns, Michal Perlman, Cultivating young minds: Exploring the relationship between child socio-emotional competence, early childhood education and care quality, creativity and self-directed learning, Learning and Individual Differences, Volume 111, 2024, 102440, ISSN 1041-6080, https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440.
Susanto, B., Pramono, T., & Utami, D. (2024). Dampak Jangka Panjang Implementasi PSE terhadap Keterlibatan Akademik Siswa: Studi Longitudinal 3 Tahun. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(1), 45-62.
Wahyuni, S., & Pratama, R. (2023). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi PSE: Sebuah Model Konseptual. Jurnal Pengembangan Kurikulum, 12(2), 134-152.
Wibowo, H. (2022). Integrasi PSE dalam Mata Pelajaran: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 245-260.
Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran sosial emosional dalam domain Pendidikan: implementasi dan asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Widiyanti, R. (2022). Pengaruh Program PSE terhadap Kemampuan Regulasi Emosi dan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 156-172.
Widodo, A., Suharto, S., & Pratiwi, Y. (2021). Pembelajaran Sosial Emosional: Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba.
Widodo, A., Suharto, S., & Pratiwi, Y. (2021). Pembelajaran Sosial Emosional: Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba.
Zhang, J., Sloss, I. M., Maguire, N., & Browne, D. T. (2024). Physical activity and social-emotional learning in Canadian children: Multilevel perspectives within an early childhood education and care setting. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 4, 100069. https://doi.org/10.1016/J.SEL.2024.100069.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.