EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V DI SDN 81 SINGKAWANG

Authors

  • Devis Wardana Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Dina Anika Marhayani Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Mertika Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23593

Keywords:

Animasi Interaktif, , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diterapkan media animasi interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 81 Singkawang. Untuk mengetahui seberapa besar pengruh media animasi interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 81 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji N-gain untuk mengetahui peningkatan rata-rata, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t satu sampel untuk mengetahui rata-rata dan selanjutnya menggunakan uji pengaruh atau effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh media yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diterapkan media animasi interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas V dengan perhitungan uji T dengan hasil yaitu nilai T hitung = 28,1402 ≥ nilai T tabel = 1,73961, maka terdapat perbedaan efektivitas penggunaan media animasi interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Terdapat pengaruh penggunaan media animasi interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 81 Singkawang dengan perhitungan uji effect size diperoleh hasil effect size sebesar 0,90 berada pada bahwa kriteria tinggi karena 0,90 berada pada 0,8 ≤ d ≤ 2.0, berdasarkan hal ini dapat disimpulkan penggunaan media animasi interaktif berpengaruh pada hasil belajar IPAS siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Artikel in Press :

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275.

Dianah, J. H., Witono, A. H., & Nisa, K. (2023). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN 1 Aikmel Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 288–293.

Hidayah, L. F. (2015). Media Pembelajaran IPS Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1125–1131.

Indah, H., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Animasi Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Wahana Didaktika, 21(3), 692–702.

Khaeruman, Ahmadi, & Rehanun. (2015). Pengembangan Media Animasi Interaktif Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen,” 3(1), 267–273.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 85–88.

Masu, H. K. (2023). Permainan Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Menggunakan Animasi Interaktif. Haumeni Journal of Education, 3(2), 83–91.

Monica, S., Susanta, A., & Yensy, N. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 220–228.

Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603.

Okmiyati, T. S. (2022). Pengaruh Media Animasi (Interaktif) Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Tangkap Siswa Kelas Iv Sd Negeri 84 Kota Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Rahmansyah, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Papan Buletin Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Kibang Mulya Jaya Tulang Bawang Barat [Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1442/2020].

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16–25.

Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Saputra, A. D. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–10.

Saleh, M., & Woro Andhini, L. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana, 73(21), 236–247.

Salim, F., Syamsiah, D., & Salam, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut …. JEMS: Jurnal Edukasi …, 1–11. EL_FAISAL SALIM_1747042034_PGSD FIP UNM.pdf

Sugianto, Widodo, J., Masrukhi, & Priyanto, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran IPS berbasis Media Animasi di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 1001–1006.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>