HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 86 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.17407Keywords:
Peer Environment, Learning MotivationAbstract
ABSTRAK Rani Ananda: Hubungan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 86 Singkawang. Skripsi, ISBI Singkawang, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan mengenai lingkungan teman sebaya siswa kelas V di SDN 86 Singkawang. 2) mendeskripsikan mengenai tingkat motivasi belajar siswa di kelas V di SDN 86 Singkawang. 3) mendeskripsikan hubungan lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 86 Singkawang.. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat korelasi dengan desain penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN 86 Singkawang dengan jumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel jenuh, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa angket adaptasi dari Hutagulung (2023) dan Sulam (2021). Teknik analisis data yaitu rata-rata keseluruhan dan korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) lingkungan teman sebaya berada pada kategori cukup dengan rata-rata keseluruhan sebesar 71,74%, 2) motivasi belajar siswa berada pada kriteria sedang dengan rata-rata keseluruhan sebesar 58,29%, 3) terdapat hubungan antara lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa yang dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dengan nilai (Pearson Correlation) sebesar 0,721 dan menunjukkan tingkat kekuatan hubungan yang tinggi. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus koefisien determinan hubungan antara lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 86 Singkawang sebesar 51,98%. Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar.Downloads
References
Azzarah, F. (2021). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Palakka Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Desmita,. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi orangtua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA . Bandung: Remaja Rosdakarya, PT.
Dewi, S. U. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri Mdt At-Taqwa Kp. Ranca Ayu Desa Maroko Kabupaten Garut. Thoriqotuna : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13–32.
Dimyati, Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran (Cet. 5). Jakarta: Rineka cipta
Elinggrawati, Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 153–
161.
Hutagalung, E. D. (2023). Pendapatan Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Fase E Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 13 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174.
Nugraheni, R. K. (2015). Pengaruh peran orangtua motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD se-Gugus Sinduharjo Sleman tahun ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.
Uno, Hamzah B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis Di Bidang Pendidikan (Ed.1 cet.7). Jakarta : Bumi Aksara.
Prof. Dr. Suyono, MPD, DRS. Hariyanto, M.S.. (2017). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November,
289–302.
Santi, N. N., & Khan, R. I. (2019).
Pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas iii sekolah dasar. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 191-198.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Sulam, F. I. (2021). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V SD Negeri
1 Kartasari. (Skripsi Sarjana,
Universitas Negeri Lampung).
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Pt Raja Gapindo Perdata
Widyastuti, N. (2017). Hubungan Antara Lingkungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMA Negeri 58 Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.