PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN 12 SINGKAWANG
Keywords:
Karakter Peduli Lingkungan, AdiwiyataAbstract
Pendidikan karakter peduli lingkungan pada usia dini harus diterapkan pada siswa sekolah dasar agar kepedulian lingkungan dapat membantu dalam membentuk kebiasaan positif seperti membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi dan mencintai alam. Sehingga kebiasaan tersebut dapat terbawa hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Adiwiyata di SD Negeri 12 Singkawang. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter peduli lingkungan siswa sekolah dasar melalui program Adiwiyata di SD Negeri 12 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu adanya empat program Adiwiyata yang digunakan di SDN 12 Singkawang yaitu kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipasif, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter sehingga perlu adanya kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter peduli lingkungan pada siswa.Downloads
References
Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi,17(1), Hal. 25-37.
Soegeng, 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Puspita, Ratna. Pendidikan Karakter dan Bahasa. Dalam Jurnal Al-Ulum, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.