PENGARUH METODE SILABA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 3

Authors

  • Sukma Nurhayati Fakultas Ilmu Pendidikan, ISBI Singkawang
  • Dina Anika Marhayani Fakultas Ilmu pendidikan, ISBI Singkawang
  • Gunta Wirawan Fakultas Ilmu pendidikan, ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17212

Keywords:

: Silaba learning method, flashcard media, students' initial reading skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, B. H. Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 65–75.

Alawiyah, A. R., Mulyana, E. H., & Apriliya, D. S. (2018). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Model Inkaber sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 5(2), 141–151.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60.

Hamdan, M. (2018). Pengaruh penggunaan metode suku kata terhadap hasil belajar keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 177 Lo’ko kecamatan Masalle. Jurnal Pendidikan Faklutas Keguruan Dan IImu Pendidikan.

Hidayah, nurul. (2016). Peningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A. 2015/2016 85. Pendidikan Dan Pembalajaran Dasar, 3, 85–102.

Hidayat, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Jurnal Illmiah Pendidikan Khusus, 3(1), 400–441.

Isnatunnikmah, A., & Rianto, E. (2016). Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia Kelas 3 Di Sd. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–10.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30.

Susilana,R. dkk. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 82.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Downloads

Published

2024-08-19

Most read articles by the same author(s)