PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTIC TERHADAP KREATIVITAS SENI DAN KEMAMPUAN MEMBUAT GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS X SMAN 1 KAMAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23300Keywords:
Synthetic Learning Model, artistic creativity, ability to make decorative artworkAbstract
The purpose of this study is to analyze the influence of the synectic learning model on students' artistic creativity and ability to make decorative artworks. This research was conducted at SMA Negeri 1 Kamal in the 2024/2025 school year. The research method used is a quasi-experimental method with a randomize posttest only group control design. The research sample of 50 students consisted of 25 students in the experimental group and 25 students in the control group obtained by analysis independent sampel t test. The results of the study revealed that the artistic creativity and ability to make decorative artworks of students taught with a synectic learning model were higher than students taught with conventional learning. The conclusion of this study is that the use of synectic learning models affects students' artistic creativity and ability to make decorative artworks.Downloads
References
Agustin, D, A, Julia, dan Subarjah, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Menggambar Imajinatif Mengenai Alam Sekitar, Jurnal Pena Ilmiah, 291): 741-750.
Ambarwati, W. 2017. Pengembangan Model Sinektik Berbantuan Media Video Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Di Kelas V SD, Tarling: Journal of Language Education, 1(1): 91-103.
Aryani, S, B. 2013. Model Pembelajaran Berkarya Dan Presentasi Karya Ilustrasi Melalui Pameran Kelas Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Seni Rupa Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, Eduarts: Journal of Arts Education, 2(1): 1-8.
Benu, D, K, dan Koeswanti, H, D. 2023. Perbedaan Model Pembelajaran Sinektik dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Educatio, 9(4): 1954-1960.
Chandra, P, Juliansyah, dan Ningsih, M, P. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak, Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(1): 10-21.
Joyce, B. R., Weil, M., and Showers, B. (2009). Models of Teaching (Universitas Michigan: Allyn & Bacon), 1–492.
Dayanti, Z, R, Respati, R, dan Gyartini, R. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar, Journal Of Elementary Education, 4(5): 704-711.
Inayah, F. 2023. Analisis Prinsip Seni Rupa Pada Karya Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1): 2287-2301.
Jainuri, M, dan Riyadi, S. 2017. Eksperimentasi Model Sinektik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa, Jurnal Edumatica, 7(2): 51-60.
Larastanti, R, Ghufroni, dan Nisa, H, U. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sman 1 Wanasari Kabupaten Brebes, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17): 570-583.
Mubaroq, A, K, dan Subyantoro. 2017. Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi, Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1): 53-58.
Arnheim, R. (1974). Art and visual perception: A psychology of the creative eye. Berkeley: University of California Press.
Mujianto, G, dan Pangesti, F. 2019. Penerapan Model Sinektik Berbantuan Lkpd Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas Ix Mts. Muhammadiyah 1 Malang, Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1): 182-194.
Nurmala, S, Triwoelandari, R, dan Fahri, M. 2021. Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI, Jurnal Basiedu, 5(6): 5024-5034.
Pramusinta, Y, dan Rifanah, F, D. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik, Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1): 47-58.
Purwanti, S. 2020. Model Pembelajaran Synectics Untuk Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kimia, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2): 107-112.
Rabayani. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa Berbasis Media Pembelajaran Fotografi Di Kelas XII MIPA.2 SMA Negeri 02 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020, Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(3): 240-249.
Rahmaniati, S, dan Umami, R. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Synectics Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa, Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1): 48-60.
Rodiansjah, A, A, dan Kurniawati, D, W. 2023. Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Seni Rupa 3 Dimensi Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon, Jurnal Sosial dan Sains, 3(9): 1015-1027.
Saputra, W. 2020. Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2): 13-16.
Sari, P, N, dan Hamsinah. 2023. Penerapan Project Based Learning Berkarya Seni Rupa di Kelas X.1 SMAN 8 Bulukumba, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3): 881-886.
Gordon, W. J. J. (1961). Synectics: The development of creative capacity. New York: Harper & Row.
De Bono, E. (1990). Six thinking hats. Boston: Houghton Mifflin Harcourt.
Setiawan, L, Wardani, N, S, dan Pemana, T, I. 2021. Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning, Jurnal Basecedu, 5(4): 1879-1887.
Sihombing, S, Silalahi, H, R, Sitinjak, J, R, dan Tambunan, H. 2021. Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan, Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1): 41-55.
Devi, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Menggambar Imajinatif Mengenal Alam Sekitar. Jurnal Pena Ilmiah, 741-750.
Widiyati, T. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Materi Seni Rupa Murni Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas IX.8 SMP Neger 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan, 4(1): 142-155.
Chaplin, J. P. (1989). Studies in creativity. Orlando, FL: Harcourt Brace Jovanovich.
Munandar (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.