PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chandra Wijayanti Universitas Jambi
  • Faizal Chan Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23099

Keywords:

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Permainan Tradisional Ye-ye.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 201/V Telanai, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, dengan subjek penelitian guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi media, validasi isi, dan validasi bahasa. Selain itu, data diperoleh dari angket yang diisi oleh guru dan siswa untuk menilai keterbacaan pada uji coba kelompok kecil dan kepraktisan pada uji coba kelompok besar. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat valid”, validasi ahli isi memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat valid”, dan validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat valid”. Penilaian respon guru memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis” dan penilaian respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,48 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul proyek pemantapan profil siswa Pancasila (P5) bertema kearifan lokal untuk siswa kelas V di sekolah secara umum dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul proyek pemantapan profil siswa Pancasila (P5) bertema kearifan lokal untuk siswa kelas V di sekolah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

MAKRIFAH, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment for Learning Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas 1 Sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Rusdianti. (2024). Pengembangan Modul Projk Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa DI SDN 017 UPT IX Suka Jaya. Intitutional Repository, 160.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 207. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf

Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Downloads

Published

2025-03-06

Most read articles by the same author(s)