KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGHADAPI DISRUPSI TEKNOLOGI DI ERA SOCIETY 5.0 DI SD NEGERI SEMOWO

Authors

  • Devi Nuraeni Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Daryati Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Inayah Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22069

Keywords:

Kepemimpinan Transformatif, Kompetensi Guru, Era Society 5.0.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi kepemimpinan transformatif kepala sekolah di SD Negeri Semowo dalam meningkatkan kompetensi guru menghadapi disrupsi teknologi di era Society 5.0. Kepemimpinan transformatif didefinisikan sebagai kemampuan kepala sekolah untuk menginspirasi, memotivasi, dan memberdayakan guru melalui pendekatan inovatif dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang mengadopsi kepemimpinan transformatif berhasil menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan teknologi. Strategi yang diterapkan meliputi pelatihan guru, pengembangan profesional, dan pembentukan budaya kolaborasi, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan kepala sekolah untuk terus mengembangkan strategi kepemimpinan transformatif yang mendukung inovasi pendidikan di era Society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership. Psychology Press.

Beauchamp, G., et al. (2020). Transforming Teacher Education through Digital Pedagogy. International Journal of Digital Education, 5(1), 35-47.

Chao, C.-M., & Lee, Y.-H. (2021). The Impact of Digital Competency on Teacher Professional Development. Educational Technology & Society, 24(2), 145-157.

Darling-Hammond, L., et al. (2020). The Role of Teacher Professional Development in Educational Improvement. Educational Policy Analysis Archives, 28(12).

Huang, R. H., et al. (2020). The Influence of Disruptive Technologies in Education. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2321-2338.

Jeyaraj, A., & Shalini, K. (2021). Leadership for Technology Integration in Schools. Journal of Educational Leadership and Policy Studies, 10(2), 45-63.

Kamarudin, M. F., & Ghazali, S. (2021). The Role of Transformational Leadership in Shaping Teachers' Digital Competencies. Journal of Educational Administration, 59(3), 301-317.

Kuswantoro, A. (2023). Guru Menyambut Era Disrupsi. UNNES.

Leithwood, K., & Sun, J. (2021). Leading School Systems to Meet the Challenges of Technology Integration. Educational Leadership Review, 38(2), 22-34.

Liu, Y., et al. (2020). Teachers' Digital Competency and the Adaptation to E-learning. Journal of Online Learning and Teaching, 16(1), 24-39.

Petrie, H. R., et al. (2020). The Impact of Digital Tools on Teacher Practices and Student Learning. Educational Technology Research and Development, 68(7), 1645-1658.

Schaarschmidt, M., et al. (2021). Digital Transformation in Education: Trends, Challenges, and Future Directions. Journal of Educational Technology, 39(2), 120-133.

Suh, S., & Kim, C. (2020). Professional Learning Communities and Teacher Development in the Digital Age. Journal of Educational Technology & Society, 23(3), 112-123.

Zhang, X., et al. (2020). Transformational Leadership and Technology Integration in Schools. Journal of Educational Technology Systems, 48(2), 157-175.

zzukhruf, F. (2024). Strategi Pendidikan di Era Disrupsi

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>