ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN BERBASIS COACHING DI SMK BINA UTAMA KENDAL

Authors

  • Ana Marwani SMK Bina Utama Kendal
  • Ardhina Maya SDN Kalongan 02
  • Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23493

Keywords:

Supervisi berbasis coaching, kualitas pembelajaran, evaluasi supervisi, pengembangan profesional guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan supervisi pendidikan berbasis coaching dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, tim supervisor, dan guru, serta telaah dokumen supervisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berbasis coaching telah diterapkan melalui tahapan observasi langsung, diskusi reflektif, dan pemberian umpan balik. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti umpan balik yang masih bersifat umum, jadwal supervisi yang kurang fleksibel, serta kurangnya dokumentasi rinci terkait tindak lanjut yang terukur. Evaluasi terhadap supervisi juga masih bersifat umum dan tidak terintegrasi secara konsisten dengan proses supervisi. berikutnya. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan formal, peningkatan kualitas umpan balik, serta mekanisme evaluasi dan tindak lanjut yang lebih sistematis untuk mendukung pengembangan profesional guru secara berkelanjutan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya supervisi berbasis coaching sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Hermawan, Y. (2018). Supervisi pendidikan berbasis coaching untuk pengembangan profesional guru. Bandung: Alfabeta.

Bresser, N., & Wilson, C. (2010). Coaching for performance: Growing human potential and purpose. Nicholas Brealey Publishing.

Costa, A. L., & Garmston, R. J. (1994). Cognitive coaching: A foundation for renaissance schools. Christopher-Gordon Publishers.

Fathurrohman, M. (2011). Supervisi akademik dalam peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Knight, J. (2007). Instructional coaching: A partnership approach to improving instruction. Corwin Press.

Mukhtar, & Iskandar. (2013). Supervisi pendidikan: Pendekatan teori dan praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2010). Education management: Analisis teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahertian, P. A., & Aleida, H. (2007). Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2010). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Whitmore, J. (2009). Coaching for performance: GROWing human potential and purpose. Nicholas Brealey Publishing.

Downloads

Published

2025-03-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>