OPTIMALISASI PEMANFAATAN FITUR PENGELOLAAN KINERJA GURU DENGAN PENDEKATAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SDN 2 PAGERWOJO KABUPATEN KENDAL KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Nur Farikhin Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23752

Keywords:

Transformational Leadership, Teacher Performance Management, Academic Supervision, Professional Development, Work Motivation.

Abstract

Manajemen kinerja guru merupakan aspek krusial dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang, peran kepala sekolah sangat strategis dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung profesionalisme guru. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah kepemimpinan transformasional, yang menekankan pada inspirasi, motivasi, dan dukungan terhadap pengembangan individu guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi pemanfaatan fitur manajemen kinerja guru melalui pendekatan kepemimpinan transformasional di SDN 2 Pagerwojo Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berperan vital dalam meningkatkan efektivitas manajemen kinerja guru. Kepala sekolah memberikan arahan yang inspiratif, mendukung inovasi pengajaran, dan memperhatikan pengembangan individu guru. Namun, ditemukan beberapa tantangan dalam penerapan fitur manajemen kinerja, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap indikator kinerja, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya motivasi intrinsik. Untuk mengatasi kendala tersebut, disarankan agar kepala sekolah memperkuat supervisi akademik, memberikan pendampingan yang lebih sistematis, dan meningkatkan akses guru terhadap pelatihan profesional yang relevan. Selain itu, dukungan dari pemerintah dan departemen pendidikan dalam bentuk kebijakan yang fleksibel dan alokasi anggaran yang memadai juga diperlukan. Penelitian ini menyiratkan bahwa kepemimpinan transformasional dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas manajemen kinerja guru. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam mendukung manajemen kinerja dan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnes, Amelia, Muspardi Muspardi, and Yusmanila Yusmanila. 2023. “Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn Untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5(1):60–70. doi: 10.31004/edukatif.v5i1.4647.

Bao, Yuangen. 2024. “The Effect of Principal Transformational Leadership on Teacher Innovative Behavior: The Moderator Role of Uncertainty Avoidance and the Mediated Role of the Sense of Meaning at Work.” Frontiers in Education 9. doi: 10.3389/feduc.2024.1378615.

Budiarti, Nur Isnaini. 2022. “MERDEKA MENGAJAR PLATFORM AS A SUPPORT FOR THE QUALITY OF MATHEMATICS LEARNING IN EAST JAVA.” MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN 10(1):13–25. doi: 10.33477/mp.v10i1.2858.

Ekonomi Bisnis, Jurnal, Manajemen dan Akuntansi, Maslina Siagian, Yuniarto Mudjisusatyo, Wanapri Pangaribuan, and Histori Naskah. n.d. “Analisis Kebijakan Pendidikan Program Merdeka Belajar: Studi Kasus Pada Implementasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Pengelolaan Kinerja Guru Dan Kepala Sekolah.”

Fahmi Addini, Alvin, Arumia Fairuz Husna, Beatric Alfira Damayanti, Bety Istif Fani, Churi Wardah Nihayati, Damateja Andika Daniswara, Desi Fitri Susanti, and Ali Imron. 2022. “Https://Jurnal.Unigal.Ac.Id/Index.Php/Jwp KONSEP DASAR SUPERVISI PENDIDIKAN.” Jurnal Wahana Pendidikan 9(2):179–86.

Hardani MSi, Assoc, Jumari Ustiawaty, and Dhika Juliana Sukmana. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Iku, Damianus, and Samuel Igo Leton. n.d. Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru Dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak.

Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, and Win Afgani. 2024. “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10(9):462–69. doi: 10.5281/zenodo.11180129.

Kareem, Jacqueline, Harold Andrew Patrick, Nepoleon Prabakaran, B. Valarmathi, Veerta Tantia, M. P. M. Pramod Kumar, and Ujjal Mukherjee. 2023. “Transformational Educational Leaders Inspire School Educators’ Commitment.” Frontiers in Education 8. doi: 10.3389/feduc.2023.1171513.

Lapir, Corlina Niwa. 2024. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Sekolah Efektif.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6(4):3123–30. doi: 10.31004/edukatif.v6i4.7172.

Magister, Marinu Waruwu, Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen, and Satya Wacana. n.d. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).”

Nurrisa, Fahriana, and Dina Hermina. 2025. “Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, Dan Analisis Data.” 02:793–800.

Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah, Pendidikan, MSyahran Jailani, Sma Negeri, Bungo Provinsi Jambi, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. n.d. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah.

Prasetyaningsih, Nur, Abdul Muiz, and Fatimah Fatimah. 2024. “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8(1):788–98. doi: 10.31004/basicedu.v8i1.7108.

Raharja, Setya, Irdayanti Mat Nashir, and Dwi Esti Andriani. 2022. “The Effect of Principals’ Transformational Leadership and Organizational Culture on Teacher Performance.” Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 6(2):152–62. doi: 10.21831/jk.v6i2.49456.

Rahma Dewi, Zaqia. 2024. “Peran Literasi Digital Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi Dan Transformasi Di Era Digital The Role of Digital Literacy in Implementing the Merdeka Curriculum: Adaptation and Transformation in the Digital Era.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 4(1):9–14. doi: 10.30872/jimpian.v4i1.2916.

Shandilia Latunusa Ambawani, Cettra, Irwan Saputra, Thitha Meista Mulya Kusuma, Bambang Sumardjoko, Achmad Fathoni, Administrasi Pendidikan, Kata Kunci, Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah Penggerak, Kinerja Guru, and Kualitas Pembelajaran. 2024. Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak Di TK. Vol. 5.

Sri Rahayu, Yayu, Marlin Pristy, Yuyun Yuliawati, Ridwan Anwar, Deti Rostini, and Eva Dianawati Wasliman. n.d. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

Sulastri, Sulastri, Nurkolis Nurkolis, and Widya Kusumaningsih. 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Digitalisasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah 5(1):329–37. doi: 10.51874/jips.v5i1.230.

Sulistiyarini, Endang, Sitti Hartinah, Burhan Eko Purwanto, ) Pedagogi, and Pancasila Tegal. 2024. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di Sekolah Dasar. Vol. 5.

Van Waeyenberg, Thomas, Riccardo Peccei, and Adelien Decramer. 2022. “Performance Management and Teacher Performance: The Role of Affective Organizational Commitment and Exhaustion.” International Journal of Human Resource Management 33(4):623–46. doi: 10.1080/09585192.2020.1754881.

Downloads

Published

2025-03-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>