STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 BAJINGJOWO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20783Keywords:
kurikulum merdeka, Strategi, Manajemen kepala sekolahAbstract
Kurikulum Merdeka telah diresmikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi mulai tahun ajaran 2020/2021. Merdeka belajar dimaksudkan untuk mewujudkan proses pembelajaran yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta proses belajar mengajar yang inovatif, tidak mengekang, sesuai dengan kebutuhan siswa dan pembelajaran yang berorientasi pada proyek. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar peserta didik dijadikan sebagai pusat pembelajaran. Peserta didik dianggap sebagai inti pendidikan sehingga peserta didik dijadikan sebagai target utama dalam proses pembelajaran yang harus memiliki fasilitator untuk membantu mengembangkan bakat, minat, dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN 1 Bajingjowo. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan teknik studi literasi, sasaran dari penelitian ini adalah kepala sekolah beserta guru. Penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi kepala sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN 1 Bajingjowo dilihat dari beberapa aspek: (a) Manajemen Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bajingjowo dimulai dengan tahap perencanaan, sekolah mendaftar melalui platform Merdeka Mengajar dengan memilih opsi "merdeka berubah". Selanjutnya adanya kegiatan IHT yang menghadirkan narasumber dari pengawas sekolah dan sekolah penggerak. (b) Kepala sekolah menerapkan lima strategi yang telah dirancang oleh Kemendikbud Ristek untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara mandiri. (c) Implikasi dari strategi kepala sekolah terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Bajingjowo pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, peningkatan prestasi siswa, serta fokus sekolah pada penanaman karakter profil pelajar Pancasila melalui program P5.Downloads
References
Kemendikbud Ristek, Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ (diakses pada 06 November 2022).
Kemendikdudristek, https://www.kemdikbud.go.id/main/ (diakses pada 02 November)
Khoirurrijal, Fadriati, dkk, Pengembangan Kurikulum merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Mardianah, ―Strategi Kepala sekolah dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar di MTS Negeri 2 Musi Banyuasin‖, Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, (2021), Vol. 2 No. 1.
Marwah, Awalia Suhandi, Fajriyatur Robi’ah, ―Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru‖, Jurnal Basicedu, (2022), Vol. 6 No. 4.
Murdianto, E. (2020). Penelitian kualitatif: Teori dan aplikasi disertai contoh proposal. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Nurmiati, dkk. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Widina Media Utama.
Solihin, Ismail. (2011). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2008). Pendektan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.