PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ismi Tri Astuti Universitas Lampung
  • Abdurrahman Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung
  • Sowiyah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21901

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, guided inquiry

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum optimal dalam  menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 46 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji ancova dengan pengujian menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta, Jakarta.

Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, E., & Budiantara, M. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitan.Gramasurya, Yogyakarta.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 128-143.

Azizah dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 35 (1): 61-70.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304-314.

Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99-110.

Rohman, F., Lusiyana, A., & Rohim, S. (2018). Modifying Model Project-Based Learning (Pjbl) dalam Kegiatan Praktikum Optik untuk Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. JURNAL PDS UNP, 1(1), 96-103.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Downloads

Published

2025-03-29

Most read articles by the same author(s)