TEORI PENDIDIKAN BEHAVIORISME DAN KOGNITIVISME DALAM PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31557Keywords:
behaviorisme, kognitivisme, pendidikan Islam, teori belajar, integrasi ilmu.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan teori pendidikan behaviorisme dan kognitivisme dalam perspektif Barat dan Islam. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka sebagai metode utama, penelitian ini menggali prinsip-prinsip dasar dari kedua teori serta meninjau kesesuaiannya dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam pandangan Barat, behaviorisme menekankan pada stimulus-respons dan penguatan perilaku, sementara kognitivisme berfokus pada proses mental internal seperti persepsi, ingatan, dan pemecahan masalah. Perspektif Islam, di sisi lain, menempatkan manusia sebagai makhluk holistik dengan dimensi spiritual, intelektual, dan moral, sehingga memberikan penekanan tidak hanya pada aspek perilaku dan kognitif, tetapi juga pada aspek ruhani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teori Barat memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman mekanisme belajar, pendekatan Islam menambahkan dimensi transendental yang lebih utuh dan bermakna. Integrasi antara teori Barat dan prinsip-prinsip pendidikan Islam dinilai penting dalam membangun sistem pendidikan yang seimbang dan komprehensif di era modern.Downloads
References
Afifah, Siti Nur. (2024). Integrasi teori belajar dan nilai Islam dalam pendidikan modern: Konvergensi untuk pembelajaran efektif. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 242–257.
Anugrah, Adet Tamula. (2024). Teori Belajar Behaviorisme dan Kognitivisme Perspektif Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 75–97.
Arfan, Surya, Yusrianto, Edi, & Yasin, Arbi. (2025). Konsep Pendidikan Integrasi Fazlur Rahman Dan Sayyed Hossein: Kajian Teori Dan Praktik: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 662–671.
Asfar, AMIT, Asfar, AMIA, & Halamury, Mercy F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Bruner, Jerome S. (1980). Jerome S. Bruner.
Creswell, John W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.
Fatwa, Fanny, Kurnia, Farah Aprilia, Amanda, Nina, Ismed, Kern, Shaliha, Nida Maura Husnatu, Rahma, Salsabilla Aulia, Ghasani, Fildza Wafiq, & Roesdianty, Fricilla. (2022). BURRHUS FREDERICK SKINNER DAN IVAN PETROVICH PAVLOV.
Moleong, J. (2016). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursyidi, Wathroh. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33–38.
Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Mumtaz Juli, 3(2), 106–116.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, Kemas Imron. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Nuthpaturahman, Nuthpaturahman. (2023). Perbandingan Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 1392–1408.
Pratama, Yoga Anjas. (2024). Teori Belajar Kognitivisme Robert M. Gagne dalam Pandangan Islam. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 209–222.
Rahma, Farida Nur, Hidayat, Tatang, & Alim, Akhmad. (2022). Studi Kritis Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 61–82.
Rasyidi, Ahyar. (2024). Pendidikan Islam era globalisasi sebagai upaya integrasi pendekatan komprehensif dan kontemporer dalam kurikulum pendidikan. Al Akhyari: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–12.
Setiawan, Ridwan, Fuad, Anis, & Bachtiar, Machdum. (2024). PSIKOLOGI BEHAVIORISME DAN NEO BEHAVIOR DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 284–296.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.
Zahara, Fatimah Nurul. (2024). Analisis Perspektif Islam Terhadap Teori Belajar Behavioristik. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 628–634.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.