PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24593Keywords:
learning outcomes, discovery learning, pop up bookAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 49 peserta didik dan subjek yang digunakan yaitu 25 peserta didik kelas IV A dan 24 peserta didik kelas IV B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran Discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan.Downloads
References
Lieung, K, W. 2019. Pengaruh Model
Discovery learning Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Sekolah Dasar.
Musamus Journal of Primary
Education.
Kunandar. 2013. Guru Profesional:
Implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidik
Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum
untuk Pemulihan
Pembelajaran. Jakarta. Pusat
Kurikulum dan Pembelajaran
BSKAP Kemendikbudristek.
Magdalena, I., Hidayah, A., dan
Safitri, T. 2021. Analisis
Kemampuan Peserta Didik
Pada Ranah Kognitif, Afektif,
Psikomotorik Siswa Kelas Ii B
Sdn Kunciran 5
Tangerang.Nusantara.
Marudut, M. R. H., dkk. 2020.
Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kritis dalam
Pembelajaran IPA melalui
Pendekatan Keterampilan
Proses. Jurnal Basicedu.
Moto, M. M. 2019. Pengaruh
penggunaan media
pembelajaran dalam dunia
pendidikan. Indonesian
Journal of Primary Education.
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar
Statistik Pendidikan. Metro:
Hamim Group.
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., &
Praherdiono, H. (2019).
Pengembangan media pop-up
book untuk mata pelajaran ipa
bab siklus air dan peristiwa
alam sebagai penguatan
kognitif siswa. Jurnal Kajian
Teknologi Pendidikan, 2(2),
115-120.
Nuranafi, D. A., dan Rusnilawati, R.
2022. Efektivitas Discovery
learning Menggunakan Media
Pop-up Book untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
dan Keterampilan Berpikir
Kritis. Kwangsan: Jurnal
Teknologi Pendidikan.
Nugroho, Y. P., dan Harjono, N.
2019. Peningkatan Proses dan
Hasil Belajar Mata Pelajaran
Matematika Materi Bangun
Datar Menggunakan Model
Pembelajaran Discovery
learning (DL). Journal of
Education Action Research.
Nurhadi, N. 2020. Teori Kognitivisme
serta Aplikasinya dalam
Pembelajaran. Edisi 2. Jurnal
Edukasi dan Sains.
Paling, S., dkk. 2024. Belajar dan
pembelajaran. Medan.
Penerbit Mifandi Mandiri
Digital.
Parnawi, A. 2019. Psikologi belajar.
Sleman. Penerbit Deepublish.
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., dan
Sholikhah, A. 2020. Kajian
Teoritis Media Pembelajaran
Bahasa Arab.Prosiding
Konferensi Nasional Bahasa
Arab.
Rahayuningsih, dkk. 2023. Fungsi
dan Peran Media
Pembelajaran Sebagai Upaya
Peningkatan Kemampuan
Belajar Siswa. JPIB: Jurnal
Penelitian Ibnu Rusyd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.