PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maria Natalisa Universitas Lampung
  • Hariyanto Universitas Lampung
  • Fadhilah Khairani Universitas Lampung
  • Sowiyah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24593

Keywords:

learning outcomes, discovery learning, pop up book

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 49 peserta didik dan subjek yang digunakan yaitu 25 peserta didik kelas IV A dan 24 peserta didik kelas IV B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran Discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lieung, K, W. 2019. Pengaruh Model

Discovery learning Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa Sekolah Dasar.

Musamus Journal of Primary

Education.

Kunandar. 2013. Guru Profesional:

Implementasi Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidik

Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum

untuk Pemulihan

Pembelajaran. Jakarta. Pusat

Kurikulum dan Pembelajaran

BSKAP Kemendikbudristek.

Magdalena, I., Hidayah, A., dan

Safitri, T. 2021. Analisis

Kemampuan Peserta Didik

Pada Ranah Kognitif, Afektif,

Psikomotorik Siswa Kelas Ii B

Sdn Kunciran 5

Tangerang.Nusantara.

Marudut, M. R. H., dkk. 2020.

Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kritis dalam

Pembelajaran IPA melalui

Pendekatan Keterampilan

Proses. Jurnal Basicedu.

Moto, M. M. 2019. Pengaruh

penggunaan media

pembelajaran dalam dunia

pendidikan. Indonesian

Journal of Primary Education.

Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar

Statistik Pendidikan. Metro:

Hamim Group.

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., &

Praherdiono, H. (2019).

Pengembangan media pop-up

book untuk mata pelajaran ipa

bab siklus air dan peristiwa

alam sebagai penguatan

kognitif siswa. Jurnal Kajian

Teknologi Pendidikan, 2(2),

115-120.

Nuranafi, D. A., dan Rusnilawati, R.

2022. Efektivitas Discovery

learning Menggunakan Media

Pop-up Book untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

dan Keterampilan Berpikir

Kritis. Kwangsan: Jurnal

Teknologi Pendidikan.

Nugroho, Y. P., dan Harjono, N.

2019. Peningkatan Proses dan

Hasil Belajar Mata Pelajaran

Matematika Materi Bangun

Datar Menggunakan Model

Pembelajaran Discovery

learning (DL). Journal of

Education Action Research.

Nurhadi, N. 2020. Teori Kognitivisme

serta Aplikasinya dalam

Pembelajaran. Edisi 2. Jurnal

Edukasi dan Sains.

Paling, S., dkk. 2024. Belajar dan

pembelajaran. Medan.

Penerbit Mifandi Mandiri

Digital.

Parnawi, A. 2019. Psikologi belajar.

Sleman. Penerbit Deepublish.

Prananingrum, A. V., Rois, I. N., dan

Sholikhah, A. 2020. Kajian

Teoritis Media Pembelajaran

Bahasa Arab.Prosiding

Konferensi Nasional Bahasa

Arab.

Rahayuningsih, dkk. 2023. Fungsi

dan Peran Media

Pembelajaran Sebagai Upaya

Peningkatan Kemampuan

Belajar Siswa. JPIB: Jurnal

Penelitian Ibnu Rusyd.

Downloads

Published

2025-06-08

Most read articles by the same author(s)