ANALISIS KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN: PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SD BERDASARKAN RAPOR PENDIDIKAN

Authors

  • Sri Wahyuningsih Universits PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universits PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21667

Keywords:

Pengaruh Kepemimpinan, Kualitas Pembelajaran, Hasil Rapor Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh kepemimpinan dan motivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Rapor Pendidikan di satuan Pendidikan. Metode penelitian ini melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan berbasis data yang diperoleh dari hasil Rapor Pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan lembaga pendidikan. Pemberian motivasi kepada guru dapat memberikan dukungan yang nantinya berdampak pada murid untuk memiliki keinginan yang kuat dalam belajar dan mengikuti proses pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu perlu adanya dukungan dari seorang pemimpin pembelajar yaitu kepala sekolah yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengkooridinir dan menggerakkan para pendidik dan warga sekolah yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan agar dapat dicapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.Dari hasil Rapor Pendidikan menunjukkan adanya peningkatan dari tahun 2023 indikator yang paling perlu mendapat perhatian atau ditingkatkan yaitu pada kualitas pembelajaran dengan pencapaian terendah, yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya capaian Kualitas Pembelajaran tentang Metode Pembelajaran mendapatkan capaian nilai 57,23, dengan rincian Metode Pembelajaran capaian nilai 50,74/100. Dukungan Psikologis capaian nilai 61,08/100 , Manajemen Kelas capaian nilai 59,86/100. Nilai yang dicapai pada tahun 2024 pada indikator Kualitas Pembelajaran mengalami peningkatan nilai capaian yaitu dari 57,23 menjadi 66,01 naik 8.78 dengan rincian nilai Metode Pembelajaran capaian nilai 59,83, Dukungan Psikologis capaian nilai 68,19/100, Manajemen Kelas capaian nilai 70,02/100 yang artinya pembelajaran menunjukkan kualitas yang optimal ditunjukkan dengan suasana kelas yang kondusif, dukungan afektif dan aktivasi kognitif dari guru yang konstruktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumaputri, Erika, Setyani. 2021. Iklim Organisasi : Perspektif Psikologi. Yogyakarta. CV Budi Utama

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 tentang evaluasi sistem pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap pendidikan Anaka Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah

Robbins, SP. 1996. Perilaku Organisasi : Konsep Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Sunyoto Danang, dkk, 2011, Perilaku Organisasional, CAPS, Jakarta.

Wirawan, 2016. Budaya dan Iklim Organisasi,Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta, Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>