ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MEMBACA DAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL

Authors

  • Ike Yunia Meka Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana Unnes, Semarang, Indonesia
  • Sudarmin Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sri Wardani Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Wahyu Lestari Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sri Sukasih Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Kurotul Aeni Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.21613

Keywords:

E-LKPD, Aplikasi canva, Eksplorasi Konsep,, penguasaan konsep membaca Problem based learning

Abstract

Penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) dengan bantuan Canva sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar. Analisis ini juga menyoroti pentingnya integrasi multimedia dan desain grafis yang menarik dalam pembuatan LKPD untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan penyebaran angket kepada guru dan siswa di beberapa sekolah dasar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kebutuhan akan e-LKPD dengan bantuan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbantuan Canva sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Fitur-fitur yang disediakan Canva, seperti desain visual yang menarik, kemudahan penggunaan, dan kolaborasi online, dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-LKPD berbantuan Canva berpotensi menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dalam menghadapi tantangan era digital. Pengembangan e-LKPD berbantuan Canva perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Yumriani.“Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam ISSN, 2, 1-8.Canva. (2023). About Canva. https://www.canva.com/about/

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Gogahu, Desy G. S., and Tego Prasetyo. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, Oct. 2020, pp. 1004-1015, doi:10.31004/basicedu.v4i4.493.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2017). PIRLS 2016 International Results in Reading. TIMSS & PIRLS International Study Center.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh penerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dasar Listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(4), 107-113.

Safitri, A. ., Rusmiati, M. N. ., Fauziyyah, H. ., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886

Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2019). Instructional Technology and Media for Learning (12th ed.). Pearson.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wulandari, Amelia & Salsabila, Annisa & Cahyani, Karina & Nurazizah, Tsani & Ulfiah, Zakiah. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 5. 3928-3936. 10.31004/joe.v5i2.1074.

Downloads

Published

2024-09-30