PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 182/I HUTAN LINDUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20158Keywords:
Model Example Non Example, keterampilan menulis, kalimat sederhana, pembelajaran Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN 182/1 Hutan Lindung dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis siswa. Pada siklus pertama, rata-rata keberhasilan siswa mencapai 65%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Selain itu, siswa menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, serta peningkatan dalam aspek kreativitas dan kepercayaan diri menulis. Model pembelajaran ini juga terbukti efektif dalam mengatasi kendala yang sebelumnya dialami guru, seperti kurangnya variasi metode pembelajaran dan minimnya keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penerapan model Example Non Example terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran kalimat sederhana. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.Downloads
References
Elma Fitria (2017).“Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar”.
Huda, M. (2018). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, (Medan : Media Persada, 2004), hal. 9- 10 Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media persada.
Majid, a. (2020). strategi pembeajaran. analisis model model pembelajaran,1.
R Kurnia, Bahasa Anak Usia Dini (Deepublish, 2019) h.40
Resminawati, L. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 131-141.
Rohana, Syamsudin. Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar (Universitas Negeri Makassar: Makassar, 2021), 89-90.
Septa Cahyani, P. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Lanjutan Dengan Menggunakan Media Ensiklopedia Mini Pada Kelas Iv Sdn 182/I Hutan Lindung (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Yoana, A., & Noviyanti, S. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Laporan Hasil Wawancara Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.