IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG

Authors

  • Mariahni Desnawati Sipayung Mariahni Universitas Jambi
  • Maryono Maryono Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Silvina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20238

Keywords:

Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar Siswa, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning bertujuan untuk melihat proses peningkatan keaktifan peserta didik kelas IV di SDN 182/I Hutan lindung. Proses penelitian ini dimulai dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh keaktifan belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu sebesar 48, 75% dengan kategori kurang aktif dan pertemuan II yaitu sebesar 57,89% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 65,26% dengan kategori cukup aktif dan pertemuan II juga mengalami peningkatan menjadi 74,43% dengan kategori aktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan indikator keaktifan belajar pada setiap siklus dan pertemuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirestuty, Fitranty. “Pengaruh Self-Effecacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi: Jurnal Wahana Pendidikan, (2017), Vol. 4/1:66

Indah Puji Rahayu, Utari Yulianingsih, Dwi Septiani, Angga Adistia Wijaya, Sri Haryani, “Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Transvisi Untuk Meningkatkan Proses Sains:, Jurnal Jurusan Kimia FMIPA UNESA, 2012, H 8.

Muhammad Syarif Hidayatulloh, Jihan Rafiadilla, M. Zainal Arifin, & Didit Ardianto. (2024). PENELITIAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN PBL DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 2044 - 2058

Nafi’ah, S. (2022). Pembinaan Guru Model dalam Matematika untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa dengan Teknik Self Management Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 47-56.

Nofrita, M., Arianti, R., Ria Ningsih, A., Putri, D., & Hermawann. (2021). Bimtek Penyusunan PTK dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Naional Melalui Daring Bagi Guru-guruSe Kabupaten Rokan Hulu. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKINA, 2(1), 40-44. https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i1.46

Rosnawati, G. Dan. (2020). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Andanu Abimata

Roudhotul Jannah, A., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. 8(3), 342 350.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(2), 93-99. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/334

Siswanti, R., dan Harjono, N. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar maematika siswa. Jurnal Maju. 6(1): halaman 61.

Downloads

Published

2024-12-30