PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MENTAL CANVAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BATANGHARI PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25174Keywords:
Media Pembelajaran Animasi, Mental Canvas, Kearifan Lokal Batanghari, pembelajaran IPAS, Validasi, PraktikalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Animasi Mental Canvas berbasis kearifan lokal Batanghari pada pembelajaran IPAS materi Daerahku Kebanggaanku di kelas V Sekolah Dasar dan penelitian dilaksanakan di SDN 80/I Muara Bulian pada Februari 2025. Media pembelajaran animasi ini dirancang dalam bentuk Website dan dikembangkan menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Data penelitian meliputi data kualitatif berupa masukan dari validator ahli media, materi, dan bahasa, serta data kuantitatif berupa skor validasi, penilaian kepraktisan oleh guru, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media memperoleh skor rata-rata 4,5 pada tahap pertama dan meningkat menjadi 4,8 pada tahap kedua dengan kategori sangat valid. Validasi materi mendapatkan skor 3,8 pada tahap pertama dan meningkat menjadi 4,8 pada tahap kedua dengan kategori sangat valid, sedangkan validasi bahasa memperoleh skor 3,6 pada tahap pertama dan meningkat menjadi 4,5 pada tahap kedua dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan, Media Pembelajaran Animasi Mental Canvas berbasis kearifan lokal Batanghari memperoleh skor validitas dalam kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan oleh guru mencapai 4,9 dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa menunjukkan skor rata-rata 4,7. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan Media Pembelajaran Animasi Mental Canvas berbasis kearifan lokal Batanghari ini valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS materi Daerahku Kebanggaanku di kelas V Sekolah Dasar.Downloads
References
Chan, Faizal, Hendra Budiono, and Panut Setiono. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan Dan Bagian-Bagiannya Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) 3(1): 9–17.
Harjanto, A., & Elvadolla, C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dengan Aplikasi Prezi Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1094-1102. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1600
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6575
Kemdikbud. (2022a). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase C. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Jakarta:Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Maulana, I., Metriani, L. P., Ouralita, S., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 380386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4321
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Peprizal, & Syah , N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerapan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 455-467.
PUTRI, R., Mustiah, M., & Lestiyani, T. E. K. (2022). Peran pemerintah daerah dalam melestarikan Tradisi Naik Garudo dalam adat pernikahan di Kabupaten Batanghari (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02).
Supiyarto. (2018). Media Barungca-5-1 Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. 1– 13
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.