Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Andre Pratama Sitepu Universitas Jambi
  • Indah Khoirunnisa Universitas Jambi
  • Cindi Sandra Universitas Jambi
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi
  • Risdalina Risdalina Universitas Jambi
  • Siti Sundari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26939

Keywords:

Pembelajaran Kolaboratif, Minat Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA, khususnya pada materi perubahan wujud zat dan bentuk energi. Melalui pendekatan tindakan kelas dalam dua siklus, guru menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan integrasi modul ajar berbasis diskusi kelompok dan aktivitas langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Profesionalisme Guru. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sardiman, A. M. (2021). Interaksi

dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode

Penelitian Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi

dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Widayati, S. (2020). Peningkatan

Minat Belajar IPA melalui

Pembelajaran Kooperatif pada Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar, 11(2), 155–162.

Downloads

Published

2025-07-06

Most read articles by the same author(s)