Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26939Keywords:
Pembelajaran Kolaboratif, Minat Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA, khususnya pada materi perubahan wujud zat dan bentuk energi. Melalui pendekatan tindakan kelas dalam dua siklus, guru menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan integrasi modul ajar berbasis diskusi kelompok dan aktivitas langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan.Downloads
References
Profesionalisme Guru. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sardiman, A. M. (2021). Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode
Penelitian Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi
dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Widayati, S. (2020). Peningkatan
Minat Belajar IPA melalui
Pembelajaran Kooperatif pada Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Dasar, 11(2), 155–162.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.