ANYAMAN ROTAN SEBAGAI SARANA MENGASAH KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SENI RUPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD 1 PEGANJARAN

Authors

  • Wasis Wijayanto PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Oliv Via Ani Ramadhana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, 59327
  • Nur Kumala Reza Damayanti PGSD FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19780

Keywords:

Anyaman rotan, Kreativitas peserta didik, Keterampilan motorik halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas anyaman rotan sebagai media pembelajaran seni rupa dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan motorik halus peserta didik kelas IV SD 1 Peganjaran, serta memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal. Dengan pendekatan kualitatif naratif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan 20 peserta didik dan wali kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan anyaman rotan berkontribusi signifikan dalam mengasah kreativitas peserta didik melalui kebebasan memilih pola dan warna, serta dalam meningkatkan keterampilan motorik halus melalui koordinasi tangan yang diperlukan saat menganyam. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan pemahaman peserta didik tentang seni rupa terapan dan memperkenalkan pada budaya lokal, menumbuhkan rasa bangga dan apresiasi terhadap tradisi daerah. Kegiatan menganyam ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana ekspresi kreatif, tetapi juga mengembangkan aspek sosial-emosional peserta didik, seperti ketelitian, kesabaran, dan kerja sama. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa anyaman rotan merupakan media yang efektif dalam pembelajaran seni rupa yang berbasis kearifan lokal, dan bermanfaat bagi perkembangan holistik peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyiah, N. A., & Pamungkas, J. (2023). Pemanfaatan Bahan Alam Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6741–6749. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4606

Amanullah, A. S. R., Syarifah, S. N., & Rachma, Z. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 01–09.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Perspektif Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4948

Balqis, A. (2022). Kreativitas Masyarakat Pengrajin Anyaman Rotan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Darmanita, Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75

Daulay, W. C., & Nurmaniah, N. (2020). Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Ihsan Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 7–19. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16200

Enggaresty, O. (2018). Pembelajaran Seni Rupa Terapan Dari Bahan Bekaspada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Wajo. 1–13. http://eprints.unm.ac.id/17140/1/ARTIKEL OCTA ENGGARESTY 1381040010.pdf

Feby Alvia Purba, Intanni Sari, Chronika Febrianti, & Elya Siska Anggraini. (2024). Kreativitas Keterampilan Seni Rupa Peserta Didik Di Kelas Salak di TK Pembina 1 Medan. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 58–63. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i3.172

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408

Hasrita, J., Herman, H., & Zainuddin, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Profesi Kependidikan, 217–224. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29357%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/JPK/article/viewFile/29357/13786

Isnaeni, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(10), 134–142.

Nilam Nurohmah, Pendik Hanafi, & M. Nur Huda. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menganyam Anak Kelompok B Dengan Menggunakan Media Daur Ulang Di Tk Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.19

Nurcahyo, M. (2022). Metode Eksplorasi Anyaman Tradisional untuk Pembelajaran Desain Fabrikasi Interior. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 25(1), 85–90. https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6303

Poku, A., Pakanggi, F., & Bidjai, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Melalui Kegiatan Menganyam Emosional Anak. Damhil Education Journal, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2080

Rangkuti, A. N. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK, dan penelitian pengembangan.

Restian, A. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.

Sari, Y. (2024). Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Di TK Bungong Seleupoek Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Sobandi, B., & Triyanto. (2020). Paradigma Pendidikan Seni Rupa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Imajinasi, XIV(2), 71–80. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

Thamrin, E. (2023). Pemanfaatan rotan sebagai bahan kerajinan anyaman Masyarakat dusun Sungai Hijau Desa Teluk Kebau Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau. Jurnal Hutan Lestari, 11(3), 613–624.

Ummah, M. S. (2019). Seni Sebagai Pengalaman. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Vuspitasari, B. K., & Siahaan, S. V. B. (2022). Hambatan Kearifan Lokal Anyaman Bambu Sebagai Potensi Ekonomi Kreatif Bagi Perempuan Di Desa Suka Maju. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1237–1244. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2266

Wardani, I. K., & Bariyyah, I. Q. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Anyaman Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1515–1529.

Win, A., Suartini, L., & Bronto, S. L. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di SDN 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 14(1), 14–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/index

Yolanda, H. R., Anggraini, D., & Yusnia, Y. (2024). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Keterampilan Seni Rupa Kelas IV Gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. 12, 1–23.

Yulia Marni, Desyandri, & Farida Mayar. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah Dasar : Strategi Dan Praktek Terbaik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2658–2667. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.950

Yunianti, N. I. (2024). SENI DALAM SEKOLAH DASAR ENCOURAGING CHILDREN ’ S CREATIVITY THROUGH ARTS. 1752–1764.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zahrah, S. (2020). Pengaruh Kreasi Anyaman Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Bungong Seurune Tungkob Aceh Besar. UIN AR-RANIRY.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)