MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI RUPA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI PADA MURID SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20185Keywords:
Natural Materials, Art Education, Creativity, Elementary SchoolAbstract
Penelitian kualitatif ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai kurangnya pemahaman siswa kelas 3 SD 1 Bulung Kulon dalam mengaplikasikan warna dalam karya seni rupa. Melalui observasi langsung terhadap 43 siswa, penelitian ini akan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan spesifik yang dihadapi siswa dalam proses menggambar dan mewarnai, seperti pemilihan, pencampuran, dan gradasi warna, serta menganalisis data secara kualitatif untuk menemukan pola-pola umum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni rupa siswa sekolah dasar dalam menggambar dan mewarnai menggunakan bahan alami di SD 1 Bulung Kulon. Studi kasus kualitatif ini akan mengidentifikasi kesulitan siswa kelas 3 dalam menerapkan warna dan menganalisis data untuk menemukan pola umum. Penelitian ini didasarkan pada kerangka kerja yang menggambarkan proses pembuatan karya seni menggunakan bahan alami dan alur pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil yang dicapai adalah (1) penelitian ini menghasilkan menguraikan peningkatan kreativitas, khususnya dalam menentukan bahan pewarna yang dibuat sendiri dari lingkungan sekitar mereka, (2) kegiatan menggambar dan mewarnai ini meningkatkan kreatifitas terhadap siswa di SD 1 Bulung Kulon.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.