PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD 4 GONDANGMANIS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI MEDIA KOLASE

Authors

  • Yollanda Vannesicha Widyatma PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Wasis Wijayanto PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Amanda Diva Hadi Ramadhan PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19632

Keywords:

Media Kolase, Kreativitas, Pembelajaran Seni Rupa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kondisi awal kreativitas siswa, proses penerapan media, hasil peningkatan kreativitas, dan kendala yang dihadapi serta solusi yang diterapkan untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran seni rupa menggunakan media kolase di kelas III SD 4 Gondangmanis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan media kolase, kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa masih rendah. Proses penerapan media kolase dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pengenalan teknik, eksplorasi material, pembuatan karya, dan evaluasi. Setelah penerapan media kolase, kreativitas siswa meningkat secara signifikan dengan persentase peningkatan mencapai 50%. Kendala yang dihadapi adalah motivasi siswa yang bervariasi, keterbatasan bahan, dan waktu pembelajaran yang terbatas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu penerapan strategi pembelajaran yang interaktif, variasi material, dan penguatan motivasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media kolase terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas III SD 4 Gondangmanis dalam pembelajaran seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A., Pebrianti, P., Sari, P., Ananda, N. A., Amanda, R. S., & Utami, W. S. (2024). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Permainan Kolase Loose Part. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 595–605.

Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282–293.

Angga, J., & Puspita, D. (2022). +Jaya+Angga+Dwi+Puspita. 1(5), 491–495.

Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan bahan ajar kolase untuk memfasilitasi pembelajaran seni rupa anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 10–21.

Azizah, U. F. N., & Utami, C. D. (2022). Restorasi Ragam Hias Tradisi sebagai Model Pembelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8693–8699.

BARUS, M. B. R., & others. (2024). PENGARUH MEDIA KOLASE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI CUACA KELAS III SD NEGERI 105308 PANCUR BATU TP 2023/2024. UNIVERSITAS QUALITY.

Crisvin., Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate: Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 8–12.

Diana Ermawati, Lovika Ardana Riswari, & Esti Wijayanti. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fajra, R. R., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 122–129.

Fijriah, R. (2020). Implementasi Bermain Kolase dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE), 2(1).

Gani, R. H. A., Supratmi, N., Ernawati, T., & WIjaya, H. (2024). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa, Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen, Serta Menumbuhkan Minat Baca Dan Tulis. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 106–119.

Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui bermain. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 625–630.

Husain, N. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Teluk Tomini: Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Melalui Pendekatan Kolaboratif. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(3).

Julfatujahra, Luthfi Hamdani Maula, & Iis Nurasiah. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Teknik Kolase Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 877–883. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2668

Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi spldv ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2398–2409.

Khoirunnisa, Y. V. (2022). Studi Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Seni Budaya Dan Prakarya Di MI Siraajul Ummah Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran-STAI Bani Saleh, 1(1), 85–97.

Lita, L. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya Terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Mekarraharja. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110.

Lubis, N. K., Riska, N., Intani, N., Jannah, N., & Liza, S. N. A. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BERBASIS KOLASE DI MIS AL ISLAMIYAH. International Journal of Education, Conseling and Multidicipline (IJEDUCA), 1(2).

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136

Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664–667.

Naibaho, M., & others. (2024). PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS V DI UPT SD NEGERI 064025 TAHUN AJARAN 2023/2024. UNIVERSITAS QUALITY.

Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Edumath, 9(2), 117–124.

Nurhayati, A., Fitria, E., & Nurfadhillah, S. (2020). Peran Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di SDS Islam Harapan Ibu School. NUSANTARA, 2(3), 426–434.

Nurlina, N., & Marni, S. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam dalam Kegiatan Menggunting untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak. Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan, 2(1), 25–32.

Oktaviani, R. T., & Tri, M. S. (2022). KREATIVITAS SISWA KELAS X DALAM BERKARYA SENI RUPA DI MA AL MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI: CREATIVITY OF CLASS X STUDENTS IN WORKING ART. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 122–128.

Permana, G. (2023). Implementasi Konsep Kurikulum Merdeka dan Perangkat Pembelajaran Terbuka dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Peserta Didik. PROCEEDING UMSURABAYA.

Putri, S., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130–141.

Rahmawati, N., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Rupa melalui Media dari Barang Bekas. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Rahmawati, S. A., Sani, F. A., & Ermawati, D. (2024a). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Kelas III pada Materi Seni Rupa melalui Teknik Kolase. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Rahmawati, S. A., Sani, F. A., & Ermawati, D. (2024b). PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK KOLASE. 4(1), 30–37.

Romadhon, I. F., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., Aruna, A., & Iriaji, I. (2023). Penerapan AR Berbasis Audio Visual Interaktif Karya Kaligrafi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas SDM MA Ibadurrochman. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1.

Rusli, M., & others. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Setiari, N. M. A., Suyanta, I. W., Suryawan, I. G., & Hikmah, N. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DAUN KERING DI TK TUNAS MEKAR I DALUNG KUTA UTARA. RAJULA: Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 83–92.

Setyaningrum, F., & Hutami, H. A. (2021). PEMBENTUKAN KREATIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN SBdP KELAS IV PADA MATERI MELUKIS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 515–527. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9736

Setyawan, D., Syafii, S., & Purwanto, P. (2022). BERKARYA SENI KOLASE DENGAN MEMANFAATKAN BENANG SEBAGAI UPAYA PEMBELAJARAN KREATIF BAGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 13 SEMARANG. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 11(2), 1–9.

Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model project based learning mata pelajaran seni rupa melalui kolase mix media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 665–674.

Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., binti Ab Rahman, S. F., & others. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 158–176.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836–2846.

Subakti, G. E., Faqihuddin, A., Ilyasa, F. F., & Muflih, A. (2024). Meningkatkan Student Engagement dalam Pembelajaran Sejarah pada Mata Pelajaran PAI melalui Pesta Topeng. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 121–130.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreativitas. Jurnal Pendiidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 1–15.

Sundari, R., & Zahro, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73–90.

Suryawan, I. G., & Putra, K. D. S. (2020). Menumbuhkembangkan Apresiasi Seni Rupa Anak Sekolah Dasar Terhadap Karya Seni Lukis Kaca Nagasepaha. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 125–134.

Wijayanto, W., Fajrie, N., & Zahro, N. F. (2023). Melintasi Globalisasi MELINTASI ERA GLOBALISASI: EKSPLORASI STRATEGI PELESTARIAN SENI KETHOPRAK WAHYU MANGGOLO DI KABUPATEN PATI: Adaptasi Inovasi, Eksistensi Kethoprak Wahyu Manggolo, dan Globalisasi. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79.

Yasa, I. M. A., & Yudana, I. M. (2023). Strategi Guru Dalam Mengelola Manajemen Pendidikan Berbasis Seni. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 85–104.

Yuliana, Y., Jusnidar, J., Sartika, R. A., Idris, N. R., & Safirah, N. A. (2024). Dampak Model Reggio Emilia pada Perkembangan Imajinasi dan Kreativitas Anak. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 136–149.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)