EFEKTIVITAS GAMELAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP EKSISTENSI BUDAYA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Wasis Wijayanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23455

Keywords:

budaya, disabilitas, konservasi, media pembelajaran, terapi, gamelan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas instrumen musik gamelan sebagai media ekspresi, terapi, dan pembelajaran bagi penyandang disabilitas Netra di PPSDSN Pendowo Kudus, terutama pada konservasi budaya lokal di era digital. Gamelan sebagai ansambel musik tradisi Jawa bermanfaat sebagai terapi seni yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif, motorik, dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan naratif, dimana kajian ini berfokus pada pengalaman pribadi penyandang disabilitas, baik pada proses pembelajaran maupun manfaat yang didapatkan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis gamelan dapat meningkatkan kepercayaan diri, kerja kelompok, disiplin dan fokus, sekaligus berfungsi sebagai media yang efektif dalam menuangkan ekspresi emosional dan inklusi sosial. Selain itu, di era digital, integrasi teknologi seperti halnya rekaman digital dan kolaborasi virtual telah memainkan peran penting dalam memperluas aksesibilitas dan keberlanjutan pembelajaran gamelan bagi penyandang disabilitas. penelitian ini menyoroti peran gamelan dalam konservasi budaya yang adaptif terhadap teknologi modern, serta memastikan relevansinya pada praktik pembelajaran dan artistik kontemporer sekaligus sebagai ajang promosi karya inklusivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, A. U., Baihaqi, D., & Wijayanto, W. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN SBdP PADA KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD 2 MEJOBO KUDUS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 123–135.

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294

Bisjoe, H., & Rizal, A. (2018). Menjaring data dan informasi penelitian melalui FGD (Focus Group Discussion): belajar dari praktik lapang. Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 15(1), 17–27.

Fajrie, N. F., Zahro, N. F., & Wijayanto, W. (2024). DINAMIKA EKSISTENSIAL KETHOPRAK BHAKTI KUNCORO KABUPATEN PATI DALAM ARUS MODERNITAS PASCA PANDEMI. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 7(1), 18–29.

Fajrie, N., Nashan, S., & Wijayanto, W. (2024). The Experience of Painting Art as an Effort to Foster Children’s Creativity. Kepompong Children Centre Journal, 2(1).

Fathurohman, I., Wijayanto, W., Sutono, S. B., Hariyadi, A., Fajrie, N., & others. (2024). TERAPI SENI BERBANTUAN KARAWITAN UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI ESTETIS BAGI DISABILITAS SENSORIK NETRA DI PPSDN PENDOWO KABUPATEN KUDUS. PAKDEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 175–182.

Hastuti, K., & Syarif, A. M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Bergerak untuk Mendukung Pemasaran Gamelan pada Sanggar Amerta Laksita dan Gamelan Ndelik Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 87–95.

Hendrayani, Y., Sari, S. N. E., Priliantini, A., & others. (2019). Pola komunikasi guru kepada siswa penyandang disabilitas. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2).

Ilmi, A. M., & Wijayanto, W. (2024). Analisis Penerapan Ekstrakulikuler Seni Karawitan dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air pada SD Negeri 5 Karangrowo Undaan Kudus. FONDATIA, 8(2), 395–408.

Listiowati, N. (2023). Aspek-aspek Kreatif Komposisi Kurang Luwih Berbasis Gamelan dalam Perspektif Musikologi. ISI Yogyakarta.

Marito, A. S. (2024). Pengaruh Musik Terhadap Emosi Dan Kesehatan Mental Memahami Koneksi Musikal. Circle Archive, 1(4).

Nurahma, S. S., Prasetyo, T., & Hasnin, H. D. (2024). Inovasi Strategi Pembelajaran dan Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JIPSD, 1(1), 71–81.

Nuraini, N. (2022). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2(6), 304–320.

Priyadi, S., Fitrian, M. I., & Wijayanto, W. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD 2 PANJUNAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 296–308.

PUTRI, L. (2021). PENGGUNAAN MEDIA GAMOLAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TK KASIH BUNDA TURGAK KECAMATAN BELALAU LAMPUNG BARAT. UIN Raden Intan Lampung.

Sa’diyah, I. K., Wijayanto, W., & Fajrie, N. (2024). Interest in The Theme of Expression Faced with The Appreciation of Class 6 SD 4 PLADEN. Jurnal Prajaiswara, 5(1).

Sasanadjati, J. D., Sugito, B., Hidajad, A., Yanuartuti, S., & others. (2023). The E Gamelan Media Sulfegio Dalam Meningkatkan Ketrampilan Praktik: Pembelajaran musik tradisi melalui E Gamelan. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 46–59.

Selian, S. N. (2024). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Syiah Kuala University Press.

Setiawan, A. (2024). Nasib Gamelan Setelah Penetapan UNESCO. Koran Tempo.

Sosodoro, B. (2018). Interaksi Dan Komunikasi Musikal Dalam Garap Sekaten. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 18(2), 148–158.

Wibawa, M., Sunarmi, S., & Soewarlan, S. (2024). Transformasi Digital Sebagai Strategi Kenusantaraan Warisan Budaya: Studi AI Pada Kereta Kencana Paksi Naga Liman. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 1–11.

Wijayanto, W., Fajrie, N., & Zahro, N. F. (2023). Melintasi Globalisasi MELINTASI ERA GLOBALISASI: EKSPLORASI STRATEGI PELESTARIAN SENI KETHOPRAK WAHYU MANGGOLO DI KABUPATEN PATI: Adaptasi Inovasi, Eksistensi Kethoprak Wahyu Manggolo, dan Globalisasi. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79.

Wijayanto, W., Putri, A. E., & Yustantifa, A. (2025). ANALISIS KEGIATAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK MELALUI MENGGAMBAR DAN MEWARNAI. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 125–135.

Yanti, D. D. (2022). Peran Pembimbing Keagamaan Dalam Mengembangkan Kemandirian Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus. IAIN KUDUS.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)