PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA KELAS IV SD NEGERI PENGKOL 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18700Keywords:
Keaktifan Peserta Didik, Model Pembelajaran Teams Games TournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Pengkol 01 melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar, dengan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 78,58% pada siklus I dan 84,83% pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi pada aspek keaktifan lisan dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan model TGT efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Pengkol 01.Downloads
References
Dewi, A., & Nugroho, T. 2020. Penerapan Model Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fadilah, R., & Purwanto, A. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keaktifan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2): 45-58.
Handayani, M., & Maulida, D. 2020. Pengaruh Teams Games Tournament terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 15(3): 87-96.
Kansil, C.L. 2018. Peningkatan Dinamika Kelompok dalam Pembelajaran Kooperatif melalui Model TGT. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(4): 54-61.
Maulida, D., & Handayani, M. 2020. Penerapan TGT untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Purwanto, A. 2019. Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu, E., & Setiawan, W. 2022. Pengaruh Lingkungan Belajar Interaktif terhadap Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1): 25-34.
Suryani, L. 2021. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Surabaya: Universitas Airlangga.
Waseso, M.G. 2020. Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Teams Games Tournament. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(2): 67-74.
Yuliani, R., & Rahman, T. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.