PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU AKADEMIK SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18300Keywords:
peran kepala sekolah sebagai inovator, supervisi akademik, kepala sekolah, peningkatan mutu akademikAbstract
Setiati, Dian 2024. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Mutu Akademik Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ngasbun Egar, M.Pd. (2) Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd Mutu Akademik adalah baik buruknya sesuatu, kualitas, taraf atau derajat guru dan peserta didik untuk bisa menyampaikan dan menerima gagasan, ilmu pengetahuan. Peran kepala sekolah sebagai inovator adalah seorang pemimpin yang inovatif selalu memberikan pendapat, ide, atau gagasan yang baru dengan memperhatikan yang terjadi di lingkungan sekolah. Supervisi akademik kepala sekolah adalah proses pemberian bantuan kepada guru untuk memperbaiki atau mengembangkan situasi belajar mengajar kearah yang lebih baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh peran kepala sekolah sebagai inovator terhadap mutu akademik Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal?, (2) adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap tujuan mutu akademik Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal?, (3) adakah pengaruh peran kepala sekolah sebagai inovator dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu akademik Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal?. Populasi penelitian ini 212 guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Sampel 139 guru diambil secara proporsionale random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data untuk uji validitas, uji reliebilitas, uji persyaratan dan uji hipotesis menggunakan program SPSS for Windows 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh peran kepala sekolah sebagai inovator terhadap mutu akademik sebesar 49,9% dengan kontribusi tertinggi dari dimensi mencari gagasan baru dan kontribusinya paling rendah adalah pada dimensi memberikan teladan. (2) ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu akademik sebesar 36,1% dengan kontribusi tertinggi dari dimensi evaluasi dan kontribusinya paling rendah adalah pada dimensi pelaksanaan. (3) ada pengaruh peran kepala sekolah sebagai inovator dan supervisi akademik kepala sekolah secara bersama-sama terhadap mutu akademik sebesar 51,1%, dengan kontribusi tertinggi dari variabel peran kepala sekolah sebagai inovator dan kontribusi terendah dari variabel supervisi akademik kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar: (1) Memberikan arahan dan saran kepada kepala sekolah dan guru untuk membentuk tim untuk peningkatan mutu di sekolah. (2) Untuk melaksanakan supervisi akademik dan pantauan proses pembelajaran secara maksimal. (3) Membantu kepala sekolah merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat.Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2017. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, Ruslam. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Albry, M. Dahlan. 2011. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Ancok, Djamaludin. 2011. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Manajemen secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2019. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cahyani, Intan Dwi. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Jurnal Manajemen Pendidikan dalamjurnalmahasiswa.unesa.ac.i, diakses pada 4 Februari 2021.
Daryanto, M. 2018. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Elitan, Lina dan Lina Anatan. 2009. Manajemen Inovasi. Bandung: Alfabeta. Indrafachrudin, Soekarto. 2011. Mengantar Bagaimana Mempimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Iskandar. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aplikasi untuk Penelitian Pendidikan, Hukum, Ekonomi & Manajemen, Sosial, Humaniora, Politik, Agama & Filsafat. Jakarta: Gaung Persada.
J, Tadius, dkk. Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SDN 7 Sintang), Jurnal FKIP Tanjungpura Pontianak, dalam download.portalgaruda.org, diakses pada 4 Februari 2021.
Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Indri. 2013. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Negeri 1 Lendah, Yogyakarta: Jurnal Administrasi pendidikan dalam journal.student.uny.ac.id, diakses pada 4 Februari 2021.
Manulang, M. 2012. Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Marzuki. 2011. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII.
Moleong, Lexy 2011. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawir. 2014. Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gemuh. Semarang: Tesis tidak diterbitkan, dalam eprints.walisongo.ac.id, diakses pada 15 November 2017.
Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru dan Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasiinya. Jakarta: Indeks.
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta:t.p, t.t), diakses pada 4 Februari 2021
Poerwadarminta. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Puluhulawa, Citro W. 2013. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual Meningkatkan Kompetensi SosialGuru.
Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora, 17(2) dalam hubsasia.ui.ac.id, diakses pada 4 Februari 2021.
Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Jezi Adrian. 2014. Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman, Jurnal Aministrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1 Juni 2014, dalam ejournal.unp.ac.id, diakses pada 4 Februari 2021.
Rusdiana. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, Syaiful. 2017. Manajemen Strategis dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2000. Profil Pendidik Profesional. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sarwoto. 2011. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sa'ud, Udin Syaefudin. 2017. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sembiring, M. Gorky. 2019. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Percetakan Galangpress.
Sholihah, Anik Tutut. 2013. Peran Kepala Sekolah sebagai Motivator, Inovator, dan Enterpreneur dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multikasus di MAN 2 Tulungagung DAN SMKN 1 Pogalan Trenggalek). Tulungagung: Tesis tidak diterbitkan.
Siagian, Sondang P. 1980. Filsafat Administrasi. Jakarta: Mas Agung.
Subardi, Agus. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: UUP AMP YPKN. Sugioyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, Mohammad. 2016. Percikan Perjuangan Guru Menuju Guru Profesional, Sejahtera, dan Terlindungi. Bandung: Pustaka BaniQuraisy.
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: elKAF. Utomo,
Sandi Aji Wahyu. 2015. Manajemen Kepala Sekolah dalamMeningkatkan Kompetensi Guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Yogyakarta: Tesis tidak diterbitkan, dalam digilib.uin-suka.ac.id, diakses pada 4 Februari 2021.
Wahab, Abdul. 2019. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Wahjosumidjo. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wijaya, Cece. 2012. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winardi. 2013. Asas-Asas Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.