TELAAH KRITIS TERHADAP KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013
Keywords:
Kurikulum 2006, Pendidikan, Kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung. Kurikulum sebagai seperangkat program pengajaran sebuah instusi Pendidikan dimungkinkan untuk dilakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Terkait dengan hal ini, Kementerian Pendidikan Nasional telah membuat perubahan kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas pendidikan di negeri ini. Melalui diskusi tersebut, ditemukan bahwa ada beberapa perbedaan antara kedua kurikulum ini dalam banyak aspek dalam Pelajaran yang dipetik, metode yang diterapkan, skala prestasi siswa, dan tujuan belajar mengajar.Downloads
References
Agusniar, Eka. “Kemampuan Profesional Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sdn 1 Simpang Peut Nagan Raya.” Jurnal Ilmiah Didaktika 16, no. 1 (August 1, 2015): 129. doi:10.22373/jid.v16i1.590.
Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 9, no. 1 (2011).
Elliot, Steppen N., et al, Educational psychology: Effective teaching, effective learning, New York: Times Offset, 2000.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dokumen Kurikulum 2013.
Mudofir, Ali, “Konsep Pendekatan Scientific”, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional yang diadakan oleh LPTK FTK UIN Ar-Raniry di Banda Aceh, tanggal 4 September 2013.
----------------, “Pendidikan Karakter Bangsa, Peluang dan Tantangan Bagi Pendidikan Islam dalam implementasi Kurikulum 2013”, Makalah, Seminar Nasional di Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry, 2013.
Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuaun Pendidikan, Bandung: Remaja, Rosdakarya, 2007. Muslich, Masnur, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Suyanta, Sri, Kata Kunci, Pendidikan Karakter, and Nilai Religiusitas. “Membangun Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat.” Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA 13, no. 1 (2013): 1–11..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.