PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 04 CEPOGO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17664Keywords:
Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division, Learning OutcomesAbstract
Latar belakang terjadinya penelitian adalah kurangnya nilai peserta didik dalam materi Pancasila. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran konvensional artinya guru aktif dalam proses belajar yang diperbandingkan terbalik dengan peserta didik. Metode dan strategi belajar kurang efektif, di mana guru menggunakan metode ceramah, diskusi, mengerjakan soal kemudian tanya jawab selama proses pembelajaran. Tujuan dari peneliti melihat ketuntasan belajar peserta didik ada tidaknya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division) melalui hasil belajar siswa materi pancasila kelas IV SD Negeri 04 Cepogo. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Populasi pada penilitian ini merupakan peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Cepogo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Penelitian ini mengunakan jenis nonprobability sampling dan teknik purposive sampling . Data peneliti diperoleh melalui data primer berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil tes kemudian data sekunder melalui artikel, jurnal kemudian skripsi. Pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis instrumen data menggunakan validitas, reliabilitas, kesukaran dan pembeda soal. Teknik pada analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T. Hasil analisis tes siswa menunjukkan terjadi peningkatan terhadap nilai belajar siswa setelah mendapatkan proses pengajaran menggunakan model siswa tim divisi prestasi. Diketahui bahwa mean nilai pre-test siswa menunjukkan nilai sebesar 69,333 sedangkan nilai mean pada post-test sebesar 83,964. Serta hasil uji T dengan jenis berpasangan sampel T test diperoleh hasil perhitungan mendapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,0000 yang artinya lebih kecil dari 0,05, sehingga kesimpulan mendapatkkan ditolak dan diterima. Berdasarkan analisis perhitungan uji T kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan model kooperatif tipe student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada materi pancasila ada pengaruh yang siginifikan.Downloads
References
Aini, Asratu, and Alfan Hadi. 2023. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin 2 (2): 208–24. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104.
Amanda, Livia. 2019. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang.” Jurnal Matematika UNAND 8 (1): 179–88. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.
Asfika, Shofi, Duwi Nuvitalia, and Lina Putriyanti. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Habituasi Di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5 (2): 1702–9. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13097.
Ayu, Ida, Putu Anggie, and Erliza Septia Nagara. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Stad Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas Ii Sdn Keteguhan.” Jurnal Nizhamiyah XIII (2): 178–90.
Dachliyani. 2018. “Instrumen Yang Sahih : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat ( Evaluasi Pembelajaran ),” 57–65.
Dewi endah rita sultiya, Prasetiyo, and Filia Prima Artharin. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kewirausahaan Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif, Minat Berwirausaha Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Kreano, no. Pendidikan: 2.
Fitriani, Nani. 2021. “Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal.” Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 12 (2): 199–205. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956.
Hasanah, Noor. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Elektrolisis.” Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 2 (2): 218. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313.
Hildayanti. 2017. “Metode Penelitian” 3: 34–63. repository.upi.edu.
Indy, Ryan. 2019. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12 (4): 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Kemendikbudristek, Graha. 2022. “Keputusan Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033//H/KR/2022,” no. september 2016: 96–105.
Lenaini, Ika. 2022. “Pengembangan Perencanan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X Sma.” Guepedia 1: 353–66.
Margareth, Helga. 2019. “Analisis Kesukaran Soal,Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor.” Экономика Региона 8: 32.
Nisfia Rani, and Gigit Mujianto. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Ipas Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas” 45 (617): 589–90.
Phafiandita, Adisna Nadia. 2022. “Urgensi Evaluasi Pembelajaran Di Kelas.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 3 (2): 111–21. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.
Purnamasari, Iin, Ismatul Khasanah, Nila Kusumaningtyas, and Lina Putriyanti. 2024. “Meningkatkan Kompetensi Penyusunan Modul Ajar Bagi Pendidik PAUD Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 75–83. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i1.282.
Purwanto, Eko Sigit. 2015. “Strategi Pembeajaran.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 3 (April): 1–139. https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/349478/strategi-pembelajaran.
Pustaka, Acarya. 2017. “Memahami Dokumentasi” 3 (1): 47–65.
Subhkan, Edy, and Dinn Wahyudin. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka,” 1–143.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.