Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading zAnd Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Novita Julaicha Universitas PGRI Semarang
  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31803

Keywords:

model circ, hasil belajar, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Rogomulyo 01 Kabupaten Pati, khususnya dalam aspek memahami isi bacaan. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran dan dominannya metode ceramah yang membuat siswa pasif, cepat bosan, dan tidak fokus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang mengintegrasikan kegiatan membaca dan menulis secara terpadu dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV setelah diterapkannya model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Rogomulyo 01 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung (13,000) > ttabel (2,131), sehingga H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model CIRC terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil belajar siswa setelah diterapkan model CIRC menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai pretest sebesar 47,81 meningkat menjadi 80,31 pada posttest, dan ketuntasan belajar meningkat dari 12,5% menjadi 93,75%. Selain itu, peningkatan juga terlihat dalam tiga ranah pembelajaran yaitu kognitif (memahami dan mengevaluasi bacaan), afektif (sikap positif dan kerja sama), dan psikomotor (aktif membaca dan menulis dalam kelompok). Dengan demikian, model CIRC efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan dan keaktifan siswa selama pembelajaran Bahasa Indonesia, setelah diterapkannya model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, B., Gading, I. K., & Bayu, G. W. 2020. Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233- https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/26465

Aslami, A. D., & KHB, M. A. 2019. Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363-370 https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22627

Djamaluddin, A. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV KAAFAH LEARNING CENTER

Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. 2020. Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303-314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25524

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524

Lie, A. (2018). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maharani, I. R., Al Bukhori, A. M., & Putriyanti, L. 2023, October. Peranan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan serta faktor yang mempengaruhinya. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 3, No. 1). https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4367

Putri, M. L. M., & Astuti, S. 2024. Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 178-193 https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1080

https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/1080

Parwati, N. N., Suryawan, I.P.P., & Apsari, R.A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Reksa, T. B., Putriyanti, L., & Artharina, F. P. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 04 CEPOGO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 2095-2106. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17664

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17664

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. 2021. Keterampilan menyimak dan berbicara: Teori dan praktik. Yogyakarta: K-Media.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-08-18

Most read articles by the same author(s)