Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading zAnd Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31803Keywords:
model circ, hasil belajar, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Rogomulyo 01 Kabupaten Pati, khususnya dalam aspek memahami isi bacaan. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran dan dominannya metode ceramah yang membuat siswa pasif, cepat bosan, dan tidak fokus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang mengintegrasikan kegiatan membaca dan menulis secara terpadu dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV setelah diterapkannya model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Rogomulyo 01 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung (13,000) > ttabel (2,131), sehingga H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model CIRC terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil belajar siswa setelah diterapkan model CIRC menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai pretest sebesar 47,81 meningkat menjadi 80,31 pada posttest, dan ketuntasan belajar meningkat dari 12,5% menjadi 93,75%. Selain itu, peningkatan juga terlihat dalam tiga ranah pembelajaran yaitu kognitif (memahami dan mengevaluasi bacaan), afektif (sikap positif dan kerja sama), dan psikomotor (aktif membaca dan menulis dalam kelompok). Dengan demikian, model CIRC efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan dan keaktifan siswa selama pembelajaran Bahasa Indonesia, setelah diterapkannya model.Downloads
References
Adawiyah, B., Gading, I. K., & Bayu, G. W. 2020. Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233- https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/26465
Aslami, A. D., & KHB, M. A. 2019. Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363-370 https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22627
Djamaluddin, A. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV KAAFAH LEARNING CENTER
Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. 2020. Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303-314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25524
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524
Lie, A. (2018). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Maharani, I. R., Al Bukhori, A. M., & Putriyanti, L. 2023, October. Peranan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan serta faktor yang mempengaruhinya. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 3, No. 1). https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4367
Putri, M. L. M., & Astuti, S. 2024. Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 178-193 https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1080
https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/1080
Parwati, N. N., Suryawan, I.P.P., & Apsari, R.A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Reksa, T. B., Putriyanti, L., & Artharina, F. P. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 04 CEPOGO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 2095-2106. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17664
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17664
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. 2021. Keterampilan menyimak dan berbicara: Teori dan praktik. Yogyakarta: K-Media.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.