HUBUNGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS lV SDN 11 SINGKAWANG

Authors

  • Heri Gunawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBI Singkawang
  • Eka Murdani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBI Singkawang
  • Mertika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17319

Keywords:

Kinesthetic Learning Style, Ability To Understand Concepts, Energy Material And Its Changes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat gaya belajar kinestetik siswa kelas IV SDN 11 Singkawang; (2) mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN  11 Singkawang; (3) mengetahui hubungan antara gaya belajar kinestetik dengan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN  11 Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 11 Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 11 Singkawang yang terdiri dari kelas IVA dan IVB berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu tes kemampuan pemahaman konsep IPA siswa pada materi Energi dan Perubahannya dan teknik non tes, yaitu angket gaya belajar kinestetik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis persentase deskriptif, analisis nilai rata-rata, dan  korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat gaya belajar kinestetik siswa tergolong tinggi dengan persentase rata-rata keseluruhan 62%, (2) tingkat kemampuan pemahaman konsep IPA siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata keseluruhan 74,89, (3) terdapat hubungan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dengan thitung  > ttabel  = 8,94 > 1,68 dan koefisien determinasi sebesar 64,50% . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN  11 Singkawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Dina. 2024. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV. Skripsi. Singkawang: Institut Sains dan Bisnis Internasional.

Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Media Pembelajaran Manipulatif Konsep Bangun Ruang. In Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 391-400).

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning

Chania, M., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-15. dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 265-276

Djara, J. I., Imaniar, M., Sae, E., & Anin, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 226-233

Handayani, C. (2016). Hubungan Pemahaman Konsep Ipa Tentang Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Dengan Sikap Peduli

Kurnia, A. (2022). Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditori, dan Kinestetik) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Pekayon 10 Pagi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Jurnal E- Jipbiol, 2(3), 2

Pandini, I., Ermiana, I., & Rahmatih, A. N. (2023). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SDN 29 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).

Sagap, dkk., “Analisis Pemahaman Konsep Biologi menggunakan Pilihan Ganda Beralasan dalam Materi Pokok Sel

Simamora, I., & Sembiring, J. S. (2022). HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040508 SARINEMBAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Pendidikan Simalem (JPSM), 1(1), 32-37.

Warni K., Wulandari F., & Sumarli. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2).

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan

Downloads

Published

2024-11-16

Most read articles by the same author(s)