PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SDN 28 SINGKAWANG

Authors

  • Ayu Nanda ISBI Singkawang
  • Insan Suwanto ISBI Singkawang
  • Mertika ISBI Singkawang

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Kompetensi Pengetahuan.

Abstract

Studi yang dilakukan memiliki tujuan dalam rangka mengidentifikasi 1) Hal yang berbeda dari kemampuan pemahaman IPAS pada kelas yang diberikan model pembelajaran Talking Stick yang dibantu oleh lagu daerah bersama kelas yang mempergunakan model pembelajaran umum terhadap pelajar kelas V SDN 28 Singkawang. 2) Besarnya dampak model pembelajaran Talking stick yang dibantu lagu daerah pada kemampuan pemahaman IPAS pelajar kelas V SDN 28 Singkawang.  Jenis studi yang dilaksanakan yaitu penelitian kuantitatif jenis uji coba melalui desain true experimentals yang berbentuk posttest-only control-group design. Sampel yang dipilih pada studi yang dilaksanakan yaitu pelajar kelas VA serta VB yang banyaknya 52 individu. Teknik untuk mengumpulkan data mempergunakan teknik tes, berbentuk essay.  Teknik pengkajian data mempergunakan uji Independent T Test dan effect size.  Temuan dari studi yang dilaksanakan yaitu: 1) Ditemukan adanya hal yang berbeda dari kompetensi pengetahuan IPAS pada kelas yang diberikan model pembelajaran talking stick yang dibantu lagu daerah yang kelasnya mempergunakan model pembelajaran umum dengan diperoleh     yang artinya terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan pada kelas pengujian dan kelas pengendalian. 2)Penggunaan model pembelajaran talking stick berdampak tinggi pada kompetensi pengetahuan pelajar dengan hasil Effect size 0,90 yang berada pada   > 0,80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104

Arlita, N. L. T. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan LKS Tipe Word Square Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV SDN 2 Lebih dan SDN 3 Lebih. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, A. A. K. D. (2021). Media Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah Dan Budaya Berbasis Android. Journal of Information Technology and Computer Science, 4, 80–87.

Julia, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar 131/IV Kota Jambi [Universitas Jambi]. file:///C:/Users/asusc/Downloads/18232-53513-1-PB.pdf

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia-Medan. Jurnal Warta, 58.

Merta, I. K. S. A., Darsana, I. W., Bagus, I., & Surya, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 3(1), 65–76.

Milania, S. A., Putri, A. Y. D., Lutviana, Listianingsih, L. A., & Putri, N. R. L. (2021). Model-Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 269–279.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian (Ke-1). Sibuku Media.

Rahmawati, Nurlaili, & Intan Widiyowati, I. (2018). Kemampuan kognitif siswa SMA yang diajar menggunakan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Chemical Studies Journal, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.278

Rani, N. M. A. M., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. O. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 345–353.

Rofi’ah, N., & Ma’ruf, A. (2020). Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2, 29–42.

Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, I. K. N., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(2), 83–92.

Siregar, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i2.999

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Utami, K. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SD Negeri 74 Palembang. In Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya.

Yuningtyas, S. A., Reffiane, F., & Ysh, A. . S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kauman 03 Batang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 160–171. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17061

Yusutria, & Sutarman. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di SMK 1 Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 74–188.

Downloads

Published

2024-09-30