PENGARUH MODEL CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS V SDN 24 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14848Keywords:
Hasil belajar, IPAS, model CTLAbstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Mengatahui perbeda hasil belajar IPAS pada model CTL dibandingkan metode konvensional pada kelas V SDN 24 Singkawang; 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model CTLterhadap hasil belajar IPAS pada kelas V SDN 24 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 24 Singkawang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment, dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 24 Singkawang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 46 siswa, yaitu 23 orang siswa kelas VA dan 23 orang siswa kelas VB. Sampel di ambil menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa lembar soal hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda berisi 10 soal. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U-Test, dan uji Effect Size. Hasil analisis didapatkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan 1) perbedaan hasil belajar IPAS pada model CTL dibandingkan metode konvensional pada kelas V SDN 24 Singkawang. Setelah dihitung dengan uji t dua sampel dengan hasil thitung > ttabel yaitu 5,598>2,015 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Model CTL berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 24 Singkawang pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model CTL dengan hasil uji effect size 1,6 kriteria tinggi. Jadi dapat di simpulkan terdapat pengaruh model CTL terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 24 Singkawang.Downloads
References
Alqoria Fita. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Kelas IV Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 37 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C. Jakarta: Kementian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Bella, A. S., Sulistri, E & Mariyam. (2023). META ANALISIS: MODEL BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 315-326.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534.
Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal of Education, 1(1), 16-23.
Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran-Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57-77.
Ridwanulloh, A., Jayadinata, A. K., & Sudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa Kelas V pada materi pesawat sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 731-740.
Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten Oku Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108-119.
Yaumadina, A. R. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Meta-Analisis terhadap Jurnal Nasional Tahun Publikasi 2016–2020).
Wahyuni Sri. (2022). Peningkatan Pemahaman Materi Ekosistem Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 34 Parepare. Parepare.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.