PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V MIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12772Keywords:
Model Circuit Learning, Media Pop-Up Book, Literasi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa setelah diterapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 2) Mendeskripsikan perbedaan literasi sains siswa kelas V MIS pada kelas yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas yang menerapkan pembelajaran langsung; 3) Mendeskripsikan keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V MIS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 132 siswa MIS Ushuluddin Singkawang dengan pengambilan sampel teknik Purposive sampling sehingga kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VB dan VD berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes, observasi langsung, dan angket. Dengan instrumen penelitian berupa Lembar Tes Literasi Sains, Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Model Pembelajaran, dan Lembar Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain, Uji-T dan persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan literasi sains siswa dengan penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book di V MIS pada kategori sangat tinggi. (2) terdapat perbedaan literasi sains siswa pada kelas V MIS yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas pembelajaran langsung. (3) keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baik. (4) respon siswa positif terhadap keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baikDownloads
References
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Budoyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning. Malang: UMM Press.
Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.
Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi di sekolah dasar Jurnal Basicedu, 5(4), 1958-1967.
Hakim, A. R., & Mintohari, D. (2015). Pengaruh model circuit learning terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem di sekolah dasar. JPGSD, 239-248.
Harahap, A. N. F. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VI SDN Pengasinan 01 Depok (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ilsadiati, I., Mislinawati, M., & Tursinawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Di Sd Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3).
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesia Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1 (1), 24-29.
Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. 92019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 20-31.
Purwaningrum, J.P.(2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SD Melalui Circuit Learning. JPsD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 125-137.
Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215-223.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wajilah, E. (2022). Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Organ Dan Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas V. Skripsi. Singkawang: STKIP Singkawang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.