PENGEMBANGAN LKPD MELALUI LIVEWORKSHEETS PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA KELAS V SD

Authors

  • Naurah Qurratul Hamidah Universitas PGRI Madiun
  • Candra Dewi Universitas PGRI Madiun
  • Nurhayati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17191

Keywords:

LKPD, liveworksheets, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD melalui liveworksheets pada materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V SDN 01 Mojorejo dan mengetahui kelayakan dan kepraktisan produk LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Mojorejo yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Kelayakan produk dari hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 78% dan hasil validasi ahli media diperoleh 80% dengan kriteria layak. Kepraktisan produk dari hasil respon guru diperoleh 90% dan 93% dari hasil respon siswa dengan kriteria sangat layak. Minat belajar siswa dinilai dari hasil angket minat belajar siswa diperoleh 83% dengan kriteria sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa LKPD melalui liveworksheets pada materi pengumpulan dan pengolahan data kelas V SDN 01 Mojorejo layak dan praktis digunakan pada kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. M., Nuriman, & Agustiningsih. (2014). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ( Increased interest and learning outcomes on basic science subject. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.

Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087

Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Education and Development, 9(4), 426–432.

Angraeni Wulan, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Maghfiroh, L., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengembangan LKPD berbasis liveworksheet pada materi bangun datar siswa kelas IV SD. Jurnal On Education, 06(01), 2751–2766.

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295

Novianti, R. K., Artharina, F. P., & Subekti, E. E. (2022). Pengembangan Lembar Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Liveworksheet Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Blended. Indonesian Research Journal on Education:Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 488–496.

Putri, A. S., Putri, G. S., & Priyandita, N. (2021). Penggunaan Media Liveworksheet Untuk Peningkatan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik di SD Kelas Tinggi. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 21–32.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Syahputri, T. V., Ananda, L. J., & Ambarita, D. F. P. (2023). Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 140–148.

Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319

Wahyuni, C., & Amini, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4055–4065.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Yuniati, S., Murniviyanti, L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sd. Journal of Educational Review and Research, 5(2), 94. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3494

Downloads

Published

2024-09-21

Most read articles by the same author(s)