IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SDN 1 PANJER

Authors

  • Istiqomah Istiqomah Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Heri Maria Zulfiati Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Nurhayati Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Nani Mulyanti Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Anissa Ulfa Diana Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.8248

Keywords:

Metode Mind Mapping, Android, Pembelajaran IPS

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang luar biasa pada banyak bidang kehidupan di seluruh dunia, termasuk sektor pendidikan. Hampir 90% dari 25 siswa memiliki smartphone android yang akan berdampak negatif bagi siswa jika digunakan secara tidak benar. Guru berinovasi dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode mind mapping berbasis android agar pembelajaran menyenangkan, tidak membosankankan dan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode mind mapping berbasis android dalam aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VI di SDN 1 Panjer, yaitu mengenai perencanaan, pelaksanaan dan hasil implementasi metode mind mapping berbasis android. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian didapat dari kepala sekolah, guru, serta siswa kelas VI SDN 1 Panjer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping berbasis android dalam pembelajaran IPS kelas VI SDN 1 Panjer sudah berjalan dengan baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih aktif saat menggunakan metode mind mapping berbasis android serta hasil belajar siswa juga terlihat meningkat, meskipun masih ada beberapa masalah yang dialami oleh guru seperti sulitnya menjelaskan materi siswa yang tertinggal. Selain itu dari faktor internal siswa itu sendiri yaitu ketidak mampuan siswa untuk menemukan kata kunci dari materi yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anidah, N. (2021). Implementasi Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.5281/zenodo.4673455

Darmayoga, I. W. L., dan A. A. I. N. M. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 3.

Haqih, M. K., Hakim, Z. R., & Pribadi, R. A. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(1), 33–44.

Kholidah, L. N., dan Nasih, A. M., (2009). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 173– 182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazruddin, S. (2013). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan

Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika

Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484–492. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7365

Saputro, D. A., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24370

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran http://smacepiring.wordpress.com-academia.edu. diakses pada tanggal 29 Mei 2023. Pukul 20.00 WIB.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, I. K., Joyoatmojo, S., D. K. W. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Menggunakan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2), 1–18.

Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi Mind Mapping dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional, 01(1), 85–91.

Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind mapping di SDN 2 Wakul dan SDN Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96

Zulfiati, H. M, dkk. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Banyumas: CV. Amerta Media.

Downloads

Published

2024-02-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>