PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN PENANAMAN JIWA WIRAUSAHA SISWA SD NEGERI WIDORO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11002Keywords:
Market Day, jiwa kewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk endeskripsikan penanaman jiwa kewirausahaan siswa melalui kegiatan market day. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VI SD Negeri Widoro. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data bahwa kegiatan market day dapat mengembangkan jiwa wirausaha peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap inovatif, kreatif, tanggung jawab, kerja sama, dan rasa percaya diri. Simpulan dalam penelitian ini adalah wujud nyata dari program market daysecara intensif yang telah dilaksanakan di sekolah sebagai bekal bagi para peserta didik untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan praktik pembelajaran.Downloads
References
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Program Market DaySebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. 7(4), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908–917. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.706
Maknuni, J. (2021). Strategi sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik strategies for fostering entrepreneurship value on students in elementary school. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(2), 9–16. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/392
Maolida, E. H., Salsabila, V. A., & Aprillia, T. (2022). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Melalui Pengenalan Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Journal of Empowerment, 3(1), 124. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2411
Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 501–510. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.
Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.