PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN PENANAMAN JIWA WIRAUSAHA SISWA SD NEGERI WIDORO

Authors

  • Iva Nila Sukma Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Jefri Nur Fahmi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Nurrochmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Dyah Puspitasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11002

Keywords:

Market Day, jiwa kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  endeskripsikan penanaman  jiwa kewirausahaan   siswa  melalui  kegiatan market  day. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VI SD Negeri Widoro. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data bahwa kegiatan market day dapat mengembangkan jiwa wirausaha peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap   inovatif, kreatif, tanggung  jawab,  kerja  sama,  dan  rasa  percaya  diri.  Simpulan dalam penelitian ini adalah wujud nyata dari program market daysecara intensif yang telah dilaksanakan di sekolah sebagai bekal bagi para peserta didik untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan praktik pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Program Market DaySebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. 7(4), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908–917. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.706

Maknuni, J. (2021). Strategi sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik strategies for fostering entrepreneurship value on students in elementary school. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(2), 9–16. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/392

Maolida, E. H., Salsabila, V. A., & Aprillia, T. (2022). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Melalui Pengenalan Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Journal of Empowerment, 3(1), 124. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2411

Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 501–510. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.

Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>