UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS 5 SDN 067691 MEDAN AMPLAS

Authors

  • Ahmad Landong PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Anisa Putri PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Nurhayati PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Nurhasanah Dwi Khodijah PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Siti Rahmadani Harahap PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Umi Kalsum PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15314

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar, project based learning

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif, kurangnya fokus siswa terhadap pembelajaran, siswa cenderung mengobrol dengan teman sebangku sehingga membuat siswa tidak fokus dan faham terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya ketika guru memberikan pertanyaan siswa tidak dapat menjawab. Hal inilah yang membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar peserta didik yang masih rendah  dapat dilihat saat mengerjakan post test terkait dengan materi sistem pernapasan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas 5 sdn 067691 Medan Amplas. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus. Hasil dari penelitian ini yaitu pada hasil tes akhir pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sebelum tindakan masih tergolong rendah yaitu hanya 41,6% atau 5 orang siswa yang tuntas, pada siklus I terdapat rata-rata 61,3% tergolong Sedang, pada siklus II mengalami peningkatan 85% tergolong Tinggi dengan demikian penerapan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas 5 sdn 067691 Medan Amplas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azura Arviana, S. Z. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pp. 28-34). Pekan Baru: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Ika Ari Pratiwi, S. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project. Refleksi Edukatika, 8(2).

Ina Magdalen, N. F. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Edukasi Dan Sains, 2(1), 132-139.

Lailatussarifah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Mata Pelajaran Ski Di Mts. Metro: Institut Agama Islam Negri (Iain) Metro.

Mutiarames, N. S. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif,. Humanika, 21(2), 151-172.

Ningsih, U. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nerviyani, M. (2021). Peran Guru Dalam Pengelelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48.

Nurhayati, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Basicedu, 6(5), 9118 - 9126.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Miskyat, 3(1), 171-187.

Oktaviana, D. R. (2023). Penerapan Media Kartu Nusantara Untuk Meningkat Minat Belajar Siswa Pada. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Winarti, R. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MI Miftahul. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-22

Most read articles by the same author(s)