PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LEAFLET PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16803Keywords:
IPA1, Leaflet2, Media pembelajaran3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran IPA berbasis leaflet pada materi sistem pernapasan hewan dan manusia yang dikembangkan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian) , Design (Perancangan) , Development (Pengembangan) dan Dessemination (Diseminasi). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari ahli media validator mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase 86% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase 82%, hasil uji coba media leaflet oleh peserta didik mendapatkan kriteria sangat praktis dengan persentase 96% dan hasil respon guru mendapatkan kriteria sangat valid. sangat praktis dengan persentase 92,4%. Maka dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran IPA berbasis leaflet dapat digunakan untuk materi sistem pernafasan hewan dan manusia di kelas V SD.Downloads
References
Arsyad, R. (2011). Media Pengajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research, 1(2),188.
Darsad, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia dengan Bahan Ajar Leaflet Pada Siswa Kelas V SDN Sewar Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1), 5
Dick, W., Carey, L., & Carey, JO (2015). Desain pengajaran yang sistematis. Eigth edition. New York: Harper Collins Colledge Publishers
Fitria, D, A. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Kelas Xdi SMA 1pitu Rias Kab.Sidra. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2),14-28.
Fitriana & Nur Asyifa. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiah.3(2),125.
Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru. Jakarta.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Ismayani, R. M. (2019). Pelatihan Kurikulum 2013 Di Tingkat Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 2(1), 11. https://doi.org/10.22460/as.v2i1p11-16.2324
Jannah, M. (2018). Pengembangan media video animasi digestive system untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajara IPA kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124-134.
Kholid, Ahmad. (2012). Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya (Cetakan I). PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Mustami, M. K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. I;
Yogyakarta: Aynat Publishing.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. 07(02), 484–493.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Penelitian desain pendidikan. Enschede: Institut Pengembangan Kurikulum Belanda (SLO)
Raharjo, M.S.K.A. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Peemanfaatan Teknologi Informasi Dan Peran Inspektorat Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Skpd Pemerintah Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 7(2), 4.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, F. (2021). Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 305.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development For Training Teachers of exceptional Children: A Sourcebook.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 108.
Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.