STUDI LITERATUR: ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD

Authors

  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa
  • Aprilla Adelia Universitas Pelita Bangsa
  • Lili Rahmawati Universitas Pelita Bangsa
  • Suryanti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16279

Keywords:

Keywords: Learning Difficulties, Natural Sciences, Elementary School, Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRACT In a process of learning activities to achieve a goal, there are obstacles that are often encountered in daily learning activities called learning difficulties which are characterized by low student learning outcomes and the learning outcomes achieved by students are not in accordance with the efforts made. There are two kinds of factors that cause students' learning difficulties in science subjects, namely: internal factors (factors from within) and external factors (factors from outside oneself). The benefit of this research is to help teachers in overcoming students' science learning difficulties in high grades. the objectives of this study are: 1) to find out the factors that cause science learning difficulties in high grades, and 2) how efforts should be made in overcoming science learning difficulties in high grades. This research method uses a literature study to examine through writings from books, journals and articles regarding student learning difficulties in science learning. The research was conducted by looking at and collecting data sources or information from 21 articles used as writing materials related to the research. The result of this writing is that learning difficulties can make learning not smooth so that it hinders students in learning, understanding, and mastering a lesson to achieve learning goals so that as a teacher to be able to provide training in making learning methods that are more interactive, interesting, and provide motivation for students to actively participate in the learning process.   ABSTRAK Pada suatu proses kegiatan pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan terdapat hambatan-hambatan yang sering ditemui dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari disebut dengan kesulitan belajar yang ditandai dengan hasil belajar peserta didik yang rendah dan hasil  belajar  yang  dicapai  oleh  peserta  didik  tidak sesuai  dengan  usaha  yang  dilakukan. Faktor  penyebab  kesulitan  belajar  peserta didik  pada  mata  pelajaran  IPA ada  dua  macam  faktor  yaitu: faktor internal (faktor dari dalam diri) dan faktor eksternal (faktor dari luar diri sendiri). Manfaat penelitian ini adalah membantu guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA peserta didik di kelas tinggi. tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar IPA di kelas tinggi, dan 2) bagaimana upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar IPA di kelas tinggi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur untuk menelaah melalui tulisan dari buku, jurnal dan artikel mengenai kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Dalam penelitian dilakukan dengan melihat dan mengumpulkan sumber data atau informasi dari 21 artikel yang digunakan sebagai bahan penulisan terkait dengan penelitian. Hasil dari penulisan ini adalah kesulitan belajar dapat membuat pembelajaran tidak lancar sehingga menghalangi peserta didik dalam mempelajari, memahami, serta menguasai suatu pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga sebagai guru agar mampu memberikan pelatihan pembuatan metode pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, serta memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Wahyuni, L., & Candra Sayekti, I. (n.d.). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2

Akori, M. (2021). Upaya Guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Berbasis Daring Kelas IV di MIS Al-Ba’ani Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Anggraeni, F. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 3 Gadingrejo. Journal of Social Education, 1(2), 108–121. https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i2.108-121

Damayanti, A., Gede, P., & Dikta, A. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas 3 B Sekolah Dasar Negeri 1 Bebalang.

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Darwis, U. (n.d.). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 105358 Sekip Lubuk Pakam (Vol. 2).

Khasanah, M., Endah Handayani, D., Prima Artharina, F., Kunci, K., Pengetahuan Alam, I., & Belajar, K. (n.d.). DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Materi IPA Semester I Kelas V Sekolah Dasar. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas

Kholilah, A. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Selama Masa New Normal Kelas II SDN 92 Seluma Timur (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Kurniawati, W., Mardian Sungkari, F., Fitri Utami, A., Ria Adini, A., Puspitasari, L., Nurbiyanti, A., Pramudiyanti, H., Widiastuti, I., Septi Besdaningrum, D., Praptiwi, N., Vera Santi, E., Kholifah, E., & Marsanti, Y. (n.d.). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.

Mirzaqon, A., Bimbingan, T., Konseling, D., Purwoko, B., Pd, S., & Pd Bimbingan, M. (n.d.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library Research Of The Basic Theory And Practice Of Expressive Writing Counseling.

Novitasari, S., Setiawan, D., Masfuah, S., & Artikel, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Daring Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar.

Purwanti, S., Guru, P., Dasar, S., & Dahlan, U. A. (n.d.). Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor.

Rahmah, D. A., Delima, R., & 2, H. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 8(2), 1246–1253. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.4825

Rahmah, N., & Afifa, N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 929–956. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1264

Rika Ameliya, R., & Setyawan, A. (n.d.). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Socah 2.

Sairo, I., Stkip, A., Khatulistiwa, P., Pertamina, J., & Sengkuang, S. (n.d.). Kesulitan Belajar Ipa Peserta Didik Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue 2).

Sari, M. (n.d.). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Siregar, N., Barumun, S., Sibuhuan, R., Hamdan, R., Stai, S., Sibuhuan, B. R., & Fadila, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu. Student Research Journal, 1(5), 319–326. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i5.690

Umami, R. (2022). Difficulties In Understanding The Science Learning Material as Related to Educational Psychology. Psikologia : Jurnal Psikologi, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.21070/psikologia.v6i1.1119

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta: Prenada Media Grup,2012)halm,175

Zaenuddin, M. (2020). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII di MTs NW Jurang Jaler Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Downloads

Published

2024-09-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>